Advertisement
Cara Menggunakan Google Formulir Di Komputer Dan Di Android - Ingin membuat dan membagikan formulir online untuk pendaftaran sebuah acara atau kegiatan yang akan Anda adakan? Atau Anda hendak membuat survey dan jajak pendapat (polling) online dengan hasil yang akurat? Kenapa tak menggunakan layanan Google Formulir saja.
Cara Menggunakan Google Formulir (Google Forms)
Cara Menggunakan Google Formulir (Google Forms)

Apa Itu Google Formulir (Google Forms)

Google Formulir (Google Forms) adalah aplikasi administrasi survei yang terintegrasi dalam layanan penyimpanan data Google Drive, bersama dengan aplikasi administrasi lainnya seperti Google Doc, Google Sheets, dan Google Slides.

Fungsi dari Google Formulir sendiri adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk  membuat formulir pengumpulan data informasi dalam berbagai bentuk yang dapat dipersonalisasi oleh penggunanya, misalnya saja untuk membuat formulir survei online, formulir jajak pendapat online, atau kuisioner.

Fitur Google Formulir (Google Forms)

Ada segudang kelebihan yang disediakan Google di dalam layanan Google Formulir, diantaranya adalah kemudahan dalam penggunaannya, serta kelengkapan fitur seperti ketersediaan sejumlah format formulir dari format kuisioner pilihan ganda (multiple choice) dan esai, format formulir  berbentuk undangan, sampai format formulir pemesanan.

Tak hanya itu saja, Google Formulir juga dilengkapi dengan fitur multimedia untuk menambahkan warna tema, warna latar belakang, mengubah jenis tulisan, menambahkan foto ata video. Hebatnya lagi, semua kemudahan dan kelengkapan fitur di Google Formulir ini, bisa Anda gunakan secara gratis.

Cara Menggunakan Google Formulir

Setelah mengetahui apa fungsi Google Formulir dan fitur-fiturnya, maka hal penting yang perlu diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan Google Formulir. Nah, berikut ulasan lengkap dari Spesial Tips cara menggunakan layanan Google Formulir di komputer dan di perangkat Android.

1. Cara Menggunakan Google Formulir Di Komputer

  • Buka Layanan Google Formulir. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk melakukan login menggunakan akun Google Anda
  • Setelah masuk layanan Google Formulir, lakukan klik pada pilihan bertanda + Blank untuk mulai membuat formulir kosong baru
    Cara Menggunakan Google Formulir Di Komputer
    Cara Menggunakan Google Formulir Di Komputer
  • Untuk mempermudah Anda,  Google juga telah menyediakan sejumlah format template formulir, misalnya saja format template untuk mengumpulkan informasi kontak, undangan, jadwal waktu, formulir pemesanan, lembar kerja tugas, formulir kuisioner dan masih banyak lagi. Cukup akses pilihan tombol galeri template (template gallery), untuk membuka daftar pilihan format template, dan selanjutnya pilih salah satu format template formulir yang sesuai dengan tugas Anda
    Cara Mengubah Format Google Formulir Di Komputer
    Cara Mengubah Format Google Formulir Di Komputer
  • Langkah berikutnya, Anda bisa mulai melakukan penyuntingan (edit) untuk menyesuaikan isi formulir, seperti menuliskan judul dan deskripsi Formulir, menambahkan pertanyaan, menambahkan gambar atau video.
  • Setelah selesai proses penyuntingan selesai, maka formulir yang Anda buat bisa langsung Anda kirim (bagikan) kepada orang lain dengan menggunakan media pengiriman yang beragam, seperti mengirimkan formulir dengan email, link (tautan) yang bisa disalin ke berbagai layanan berkirim pesan, disematkan (embed) ke halaman web, atau membagikannya langsung ke Facebook dan Twitter.
    Cara Membagikan Google Formulir Di Komputer
    Cara Membagikan Google Formulir Di Komputer

2. Cara Menggunakan Google Formulir Di Android

  • Buka layanan Google Formulir melalui browser di perangkat Android Anda. Pada tahap ini Anda juga akan diminta untuk melakukan login akun Google milik Anda
  • Selanjutnya, secara otomatis layanan Google Formulir akan membuat formulir kosong baru
    Cara Menggunakan Google Formulir Di Android
    Cara Menggunakan Google Formulir Di Android
  • Atur tema tampilan formulir baru dengan melakukan tap pada tombol palet untuk menerapkan warna tema formulir dan warna latar belakang, menambahkan gambar pada header (tajuk) formulir, serta menerapkan jenis tulisan yang tersedia dalam daftar
    Cara Mengatur Tampilan Google Formulir Di Android
    Mengatur Tampilan Google Formulir Di Android
  • Langkah berikutnya, Anda dapat memulai tahapan penyuntingan (edit) untuk menyesuaikan isi formulir, seperti menuliskan judul dan deskripsi formulir, menambahkan pertanyaan, menambahkan gambar atau video. Untuk menambahkan daftar pertanyaan baru Anda bisa melakukan tap pada tombol pilihan add section
    Edit Deskripsi Dan Materi Google Formulir Di Android
    Edit Deskripsi Dan Materi Google Formulir Di Android
  • Setelah proses penyuntingan (edit) selesai, Anda bisa langsung membagikan formulir yang telah Anda buat tersebut dengan melakukan tap pada tombol kirim yang ditandai dengan gambar pesawat kertas di bagian atas formulir. Sama seperti mengirimkan Google Formulir melalui komputer, Anda juga bisa mengirimkan formulir dalam bentuk email, tautan (link), disematkan (embed) ke halaman web, atau dibagikan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.
    Cara Membagikan Google Formulir Di Android
    Cara Membagikan Google Formulir Di Android
Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa menambahkan teman untuk berkolaborasi membuat formulir online dengan layanan Google Formulir.


Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan, tentang cara menggunakan Google Formulir (Google Forms) baik di komputer dan di perangkat Android. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

  1. Wah keren, ada pilihan template apa saja ya untuk Google Formulir ya?

    BalasHapus
  2. ada Banyak template di Google Formulir yang terbagi dalam beberapa kategori, misalnya template kategori pendidikan untuk membuat formulir tugas siswa :)

    BalasHapus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top