Advertisement
WhatsApp Hadirkan 3 Fitur Baru Di Media Foto, Begini Cara Menggunakannya - Kabar gembira untuk pengguna WhatsApp, setelah merilis fitur baru tombol panggilan suara dan video di layanan grup, maka baru-baru ini WhatsApp kembali menghadirkan 3 (tiga) fitur baru di layanan media untuk mengelola pesan foto (gambar).
WhatsApp Hadirkan 3 Fitur Baru Di Media Foto
WhatsApp Hadirkan 3 Fitur Baru Di Media Foto
Diketahui berdasarkan laporan WABetaInfo,  ketiga fitur baru untuk foto ini sebelumnya telah diujicobakan di layanan aplikasi WhatsApp versi Beta. Nah, dari hasil penelusuran redaksi Spesial Tips, kini tiga fitur baru tersebut, telah benar-benar bisa dinikmati oleh semua pengguna aplikasi WhatsApp versi final terbarunya (2.19.24) di perangkat Android.

Apa saja fungsi ketiga fitur baru WhatsApp itu, dan bagaimana cara menggunakannya? Untuk mengetahuinya, ikuti ulasan lengkapnya berikut ini.

Tiga Fitur Baru WhatsApp Di Media Foto Dan Cara Menggunakannya


1. Fitur "Show in chat"
Fitur baru WhatsApp yang pertama adalah fitur akses cepat "Show in chat". Fungsi dari fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek dan melihat sumber pertama pengirim media foto yang ditandai di dalam obrolan baik obrolan pribadi maupun obrolan grup.

Cara Menggunakan Fitur "Show in chat"
Cara Menggunakan Fitur "Show in chat" WhatsApp
  • Pada salah satu obrolan (pribadi/grup), akses tombol titik tiga vertikal untuk membuka menu yang terletak di pojok kanan atas layar obrolan
  • Selanjutnya, lakukan tap pada pilihan "Media" pada obrolan pribadi, atau pilihan "Group Media" untuk obrolan grup
  • Langkah berikutnya, pada pilihan Media foto (gambar) pilih dan buka salah satu foto
  • Setelah itu, lakukan tap pada tombol bertanda tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas untuk membuka menu pilihan fitur pengelolaan foto
  • Setelah muncul daftar menu fitur, pilih fitur "Show in chat". Selanjutnya, secara otomatis Anda akan dibawa pada bagian obrolan pertama kali foto tersebut dibagikan.

2. Fitur "Set as"
Fitur baru WhatsApp selanjutnya adalah fitur "Set as". Fitur ini berfungsi memungkinkan pengguna untuk menerapkan foto dalam 3 pilihan, yaitu menerapkan foto sebagai foto profil, ikon grup, atau sebagai wallpaper obrolan.

Cara Menggunakan Fitur "Set as"
    Cara Menggunakan Fitur "Set as" WhatsApp
  • Buka "Media" atau "Group Media"
  • Pilih salah satu foto (gambar)
  • Setelah foto terbuka, lakukan tap pada tombol bertanda tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas untuk membuka menu pilihan fitur pengelolaan foto
  • Langkah selanjutnya, akses pilihan "Set as", maka secara otomatis akan muncul 3 pilihan penerapan foto, yaitu: My profile photo, Group icon, dan Wallpaper
  • Pilih salah satu pilihan dari ketiganya untuk menerapkan foto sesuai keinginan Anda

3. Fitur "Rotate"
Fitur baru WhatsApp yang ketiga adalah fitur "Rotate". Sesuai dengan namanya, fitur "Rotate" berfungsi untuk memungkinkan pengguna memutar foto menjadi horizontal ataupun vertikal. Perlu diketahui oleh sahabat sekalian, bila ukuran foto (gambar) sebenarnya diambil dalam posisi horizontal, maka saat foto (gambar) diputar secara horizontal, maka tampilan foto akan terbuka penuh pada layar.

Cara Menggunakan Fitur "Rotate"
  • Sama dengan langkah awal di dua fitur sebelumnya, akses fitur "Media" atau "Group Media"
  • Lakukan tap pada salah satu foto di dalam Media untuk membukanya
  • Akses pilihan membuka menu (titik tiga vertikal), lalu tap pada pilihan "Rotate" untuk memutar foto (gambar)



Untuk lebih jelasnya, perhatikan video cara menggunakan ketiga fitur baru WhatsApp berikut ini.

Catatan penting yang perlu diperhatikan oleh sahabat pembaca sekalian, pastikan untuk melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi 2.19.24 atau di atasnya agar bisa mendapatkan ketiga fitur baru WhatsApp di layanan Media foto (gambar) ini. Bila belum menjumpai pembaruan pada layanan play store, maka disarankan untuk mendapatkannya di halaman resmi WhatsApp.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran tiga fitur baru WhatsApp dan cara menggunakannya. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top