Advertisement
Cara Screenshot Dengan Suara Di Android - Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot di Android, dari menekan kombinasi tombol power dan tombol volume, screenshot menggunakan usapan tiga jari (di jenis perangkat Android tertentu), sampai dengan menggunakan bantuan aplikasi khusus.
Cara Mudah Screenshot Dengan Suara Di Android
Cara Mudah Screenshot Dengan Suara Di Android
Membahas tentang cara melakukan screenshot di Android, maka pernahkah terpikirkan oleh Anda bagaimana bila screenshot dilakukan dengan hanya menggunakan suara? Wah, pasti akan sangat unik dan memudahkan kita bukan? Pertanyaannya, apakah bisa melakukan screenshot di Android dengan suara? Jawabannya, bisa.

Ya, dengan memanfaatkan salah satu layanan Google bernama Google Assistant, ternyata kita bisa dengan mudah melakukan screenshot dengan hanya bermodalkan suara. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Screenshot Di Android Dengan Suara

  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara ini membutuhkan bantuan layanan Google Assistant. Oleh sebab itu, Anda perlu memasang terlebih dahulu aplikasi Google Assistant di ponsel Android (Lollipop, Marshmallow, Nougat dan Oreo) milik Anda, serta melakukan beberapa tahap pengaturan sederhana untuk mengaktifkan layanan Google Assistant.
  • Setelah menyelesaikan tahap pemasangan dan pengaktifan layanan Google Assistant, Anda bisa mulai melakukan screenshot dengan membuka terlebih dahulu gambar layar yang ingin Anda ambil screenshot-nya, misalkan saja gambar layar browser, atau gambar layar ketika membuka aplikasi tertentu
  • Selanjutnya, Anda buat perintah suara kepada Google Assistant untuk mengambil tangkapan gambar layar alias screenshot. Perintah suara yang bisa Anda katakan adalah : "Ok Google, Take a screenshot" atau "Hey Google, Take a screenshot". Disarankan untuk tidak memberikan jeda ketika memberikan perintah suara tersebut
  • Sesaat setelah itu, maka Google Assistant akan secara otomatis menjawab perintah suara Anda, dan melakukan screenshot layar yang terakhir kali Anda buka sebelumnya secara otomatis pula
  • Selanjutnya, Google Assistant akan memunculkan pilihan aplikasi yang terpasang untuk mengirimkan hasil screenshot yang telah dibuat tadi. Misalnya saja, mengirimkan hasil screenshot gambar sebagai pesan WhatsApp
  • Terakhir pilih salah satu layanan aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk mengirim gambar hasil screenshot tadi. Agar lebih jelasnya, perhatikan video berikut.
Cara Mudah Screenshot Di Android Dengan Suara

Bagaimana, sangat mudah bukan? Tentunya dengan menggunakan suara, screenshot dapat dilakukan dengan mudah, tanpa harus repot menekan banyak tombol.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Assistant Di Smartphone Android

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang cara melakukan screenshot di Android dengan suara. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top