Advertisement
Cara Alternatif Mengembalikan Fitur Tombol 'View Image' Di Layanan Google Images - Anda sering menggunakan layanan Google Images untuk mencari gambar? Bila ya, maka tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan fitur Google Images, yaitu tombol 'View Image' yang berfungsi untuk melihat gambar tertentu tanpa harus masuk ke situs web tempat gambar tersebut tampil.
Cara Alternatif Mengembalikan Fitur Tombol 'View Image' Di Layanan Google Images
Cara Alternatif Mengembalikan Fitur Tombol 'View Image' Di Layanan Google Images
Namun tahukah Anda, bila kini fitur 'view image' telah di hapus oleh Google? Ya, melalui akun Twitter resmi Google, diumumkan bila fitur 'view image' dilayanan Google Images telah secara resmi dihapus. Sementara itu, berdasarkan informasi yang dikutip dari The Verge, langkah penghapusan fitur tersebut merupakan cara untuk melindungi hak cipta pemilik gambar, karena dengan fitur 'view image' para pengguna dapat dengan mudah mengambil gambar. Selain alasan itu, diketahui pula bila kebijakan penghapusan fitur didasari kesepakatan antara Google dan layanan penyedia gambar Getty Images.

Lantas, bagaimana cara alternatif untuk melihat gambar tanpa harus masuk ke situs web? Salah satu cara untuk bisa melihat gambar dari layanan Google Images, tanpa membuka situs web saat ini adalah dengan melakukan klik kanan pada gambar, lalu pilih buka gambar di tab baru atau dengan langsung menyimpan gambar. Sayangnya cara ini agak sedikit merepotkan.

Tapi jangan terlalu khawatir, sebenarnya ada pula sebuah cara alternatif untuk "mengembalikan" tombol 'view image' di layanan Google Images. Bagaimana caranya? Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman How-To Geek, disebutkan bahwa seorang developer (pengembang) independen bernama Joshua Butt, berhasil menemukan cara untuk mengembalikan fitur tombol 'view image' dengan menggunakan perangkat tambahan berupa ekstensi (extension) sederhana yang dibuatnya untuk browser Chrome. Agar bisa mendapatkan perangkat ekstensi tersebut, Anda bisa masuk ke layanan resmi Google Web Store - Extensions, selanjutnya cari dan pasang ekstensi tambahan bernama 'View Image'. Sesaat setelah memasang ekstensi tersebut di browser Chrome, maka Anda bisa kembali menikmati kemudahan cara alternatif melihat gambar menggunakan tombol 'view image' di layanan Google Images.
Tampilan Fitur Tombol 'View Image' Di Layanan Google Images
Tampilan Fitur Tombol 'View Image' Di Layanan Google Images
Sebagai pengingat, disarankan kepada sahabat pembaca sekalian untuk lebih bijaksana dalam menggunakan ekstensi tersebut, yaitu dengan tidak mengambil gambar tanpa ijin dari pemilik hak cipta gambar.

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang cara alternatif mengembalikan fitur tombol 'view image' di layanan Google Images. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top