-->

Postingan Facebook Pernah Diedit Atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya

Advertisement
Cara Mudah Untuk Mengetahui Apakah Postingan Facebook Pernah Diedit Atau Tidak - Apa yang akan Anda lakukan bila menyadari ternyata ada kesalahan dalam postingan status Facebook, namun telah terlanjur dibagikan? Umumnya, sebagian besar pengguna Facebook lebih memilih solusi mengatasinya dengan menggunakan fitur edit post untuk meralat atau mengubah kesalahan di postingan tersebut. Uniknya, setiap postingan Facebook yang pernah diperbaiki dengan fitur edit post, maka akan tertera tanda berupa label bertuliskan Edited.
Postingan Facebook Pernah Diedit Atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya
Cara Mengetahui Postingan Facebook Pernah Diedit Atau Tidak
Sayangnya, melalui pembaruan Facebook, maka kini petunjuk label Edited pada postingan sebagai petunjuk jejak hasil edit post tidak dapat lagi dilihat secara otomatis, dan Facebook sendiri lebih memilih untuk menyembunyikan label tersebut. Tapi jangan kecewa dulu, karena ternyata Facebook telah memberikan cara berbeda bagi penggunanya agar dapat melihat informasi jejak pengeditan yang dilakukan oleh si pembuat postingan. Bahkan, dengan cara ini, kita juga bisa mengetahui secara rinci perbaikan (perubahan) yang dibuat pada isi postingan.


Lalu, bagaimana caranya mengetahui bahwa postingan Facebook seseorang pernah diedit alias diralat atau tidak? Nah, guna menjawab keingintahuan sahabat pembaca sekalian, maka berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.
  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengakses (membuka) tanda dropdown pada salah satu postingan Facebook yang ingin Anda periksa.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan yang bisa Anda akses. Bila ternyata Anda mendapati salah satu pilihan akses bertuliskan "view edit history", maka hal itu menunjukkan bahwa postingan Facebook telah mengalami pengeditan (edit post).
  • Masih kepo? Tidak sampai disitu, kita juga bisa melihat rincian detail apa saja yang diedit (diubah) dari postingan itu, caranya adalah degan mengakses pilihan "view edit history" tersebut. Sesaat setelah itu, maka akan muncul kotak laman Edit Hisory yang memuat detail postingan sebelum dan sesudah mengalami pengeditan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Cara Mengetahui Apakah Postingan Facebook Pernah Diedit
Cara Mengetahui Apakah Postingan Facebook Pernah Diedit Atau Tidak
Bagaimana, mudah bukan? Walaupun sederhana, namun melihat kemampuan fitur tersebut tentunya akan menjadi penting artinya di era keterbukaan seperti sekarang ini.

Baca Juga: Empat Cara Sederhana Untuk Mengetahui Apakah Akun Facebook Anda Telah Diblokir Oleh Orang Lain

Nah, demikianlah informasi singkat yang bisa SpesialTips! bagikan kali ini, semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement
LihatTutupKomentar