-->

Fakta Penting di Balik Perbedaan Rasa Air Putih Yang Perlu Diketahui

Advertisement
Fakta Penting di Balik Perbedaan Rasa Air Putih Yang Perlu Diketahui - Minum air putih setiap hari, merupakan hal wajib yang perlu dilakukan oleh manusia. Bagaimana tidak, sehari saja tubuh kekurangan air putih bisa berdampak serius bagi kesehatan tubuh, contohnya tubuh dapat mengalami dehidrasi, dan yang paling berbahaya dapat berujung pada kematian.
Fakta Penting di Balik Perbedaan Rasa Air Putih Yang Perlu Diketahui
Fakta Penting di Balik Perbedaan Rasa Air Putih Yang Perlu Diketahui
Membahas tentang air putih, maka pernahkah Anda merasakan adanya perbedaan rasa antara air putih yang diminum di rumah dengan rasa air putih di daerah lain? Bahkan tak perlu jauh-jauh membandingkan, tak jarang rasa air putih dengan yang kita minum di rumah, bisa sangat jauh berbeda rasanya dengan rasa air putih di rumah tetangga, yang jaraknya sangat berdekatan, aneh bukan? Pertanyaannya, mengapa rasa air putih bisa mengalami perbedaan antara daerah satu dan lainnya?

Menjawab pertanyaan di atas, ternyata terdapat beberapa penyebab yang melatarbelakangi terjadinya perbedaan rasa pada air putih yang kita konsumsi sehari-hari. Dirangkum dari beberapa sumber informasi terkait (livescience.com, health.liputan6.com, who.int), redaksi SpesialTips! menjumpai setidaknya ada tiga penyebab utama terjadinya perbedaan rasa pada air putih yang kita minum. Apa dan bagaimana penjelasannya? Berikut informasi selengkapnya.

1. Sumber Air
Alasan mengapa air putih bisa berbeda rasa yang pertama adalah sumber air, yaitu dari dari mana air putih yang kita minum diperoleh, misalnya saja di rumah kita menggunakan air keran yang bersumber dari perusahaan air minum yang mengalir melalui pipa, tentu saja akan menjadi berbeda rasanya bila dibandingkan dengan rasa air putih di rumah tetangga kita yang menggunakan sumur sebagai sumber air untuk dikonsumsi. Pasalnya, air yang bersumber dari perusahaan pengelola air minum akan mengalami perlakuan tertentu dalam pengolahan dan pendistribusiannya ke tiap rumah, belum lagi harus melewati pipa-pipa yang mungkin saja telah mengalami perubahan kimia, misalnya saja korosi (karat), dimana keadaan-keadaan tersebut akan memengaruhi rasa air putih. Sementara air yang bersumber dari sumur, rasanya bisa dipengaruhi oleh jenis tanah, serta bahan organik di dalam tanah.

2. Kandungan mineral
Selain sumber air berasal, alasan lain mengapa rasa air putih bisa berbeda adalah kandungan mineral yang terdapat pada air itu sendiri. Misalnya saja, kandungan mineral dari air di daerah pegunungan akan sangat berbeda dengan kandungan air di dataran rendah.

3. Cara pengolahan air
Bagaimana cara pengolahan air putih sehingga layak diminum menjadi hal dapat pula memengaruhi rasa dari air, misalnya penggunaan wadah tertentu saat menyimpan dan memasak air putih yang telah terkontaminasi oleh gas dan senyawa-senyawa organik tertentu.

Perlu diketahui bahwa, perbedaan rasa pada air minum perlu menjadi perhatian, karena syarat air putih yang layak diminum berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.492 tahun 2010, dimana salah satunya menyebutkan air yang layak diminum adalah air yang tidak berbau dan berasa.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga saja artikel sederhana tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement
LihatTutupKomentar