-->

Tips Menyembelih (Memotong) Hewan Kurban

Advertisement
Tips Menyembelih (Memotong) Hewan Kurban - Umat Muslim Indonesia hari ini tengah bersiap-siap untuk merayakan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah atau Lebaran Haji. Walaupun terjadi beberapa perbedaan pendapat mengenai penetapan hari raya tahunan umat Muslim tersebut di Indonesia, namun diharapkan keberagaman waktu ini, justru menjadi warna warni tersendiri dan ditanggapi positif oleh kita semua.
Tips Menyembelih (memotong) Hewan Kurban
Tips Menyembelih (memotong) Hewan Kurban
Membahas tentang Idul Adha (Lebaran Haji), selain berhubungan dengan Rukun Islam yang ke 5 yaitu melaksanakan ibadah Haji bagi yang mampu, juga tak lepas dari perintah untuk Menyembelih (Memotong) Hewan Kurban. Apabila sahabat SpesialTips! ada yang berniat untuk berkurban tahun ini, atau ingin ikut terlibat dalam kegiatan menyembelih (memotong) hewan kurban, ada baiknya untuk mengikuti Tips Menyembelih (Memotong) Hewan Kurban berikut ini:
Dalil dan Hukum Berkurban
Sebelum membahas tata cara menyembelih hewan kurban, sebagai informasi yang tak kalah penting untuk anda adalah dalil dan hukum melakukan kurban pada saat perayaan Idul Adha.
  • Dalil (Dasar Hukum) Berkurban. Al Qur'an mencantumkan dalam Surat Al Kautsar (1-3) : 
Dasar Hukum Berkurban
Al Kautsar (1-3)
  • Hukum Berkurban dalam agama Islam adalah Sunnah Muakkadah bagi yang mampu melaksanakannya. Namun bila anda cukup mampu, akan tetapi tak melaksanakan perintah ini, hukumnya adalah Makruh.
Jenis Dan Syarat Hewan Yang Dapat Dikurbankan
Adapun jenis hewan yang dapat dikurbankan meliputi hewan ternak, diantaranya adalah Unta, Sapi,  Kerbau, Kambing dan Domba. Selanjutnya syarat hewan yang layak untuk dikurbankan meliputi: 
  • Hewan dalam keadaan sehat dan gemuk
  • Hewan tidak dalam keadaan sakit atau cacat
  • Usia hewan kurban yang dapat disembelih adalah, Kambing berumur 2 (dua) tahun, Domba berumur 1 (satu) tahun lebih dengan ciri-ciri gigi domba tersebut telah berganti, selanjutnya untuk Unta usianya 5 (lima) tahun atau lebih, dan Sapi atau Kerbau harus berusia 2 (dua) tahun atau lebih.

Tata Cara Menyembelih (Memotong) Hewan Kurban
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan pada saat melakukan penyembelihan hewan kurban, yaitu:
  • Alat untuk melakukan penyembelihan (Golok atau Pisau) dalam keadaan tajam. Sebaiknya diasah hingga benar-benar tajam, tujuannnya adalah agar hewan disembelih nantinya cepat matinya, sehingga tidak merasa tersiksa.
  • Sebelum melakukan penyembelihan, diwajibkan untuk membaca Bismillah dan mengumandangkan Takbir, atau dapat membaca Bismillah Wallahu Akbar.
  • Posisi hewan yang akan disembelih menghadap Kiblat.
  • Dalam melaksanakan penyembelihan, harus tepat pada urat nadi hewan tersebut. Selain itu urat nadi haru benar-benar putus. Cara memotong bukan dengan ditusuk ataupun ditebas, namun harus di gesek (disayat) dan usahakan urat nadi hewan dapat putus dalam sekali sayatan.
  • Langkah terakhir adalah, memastikan darah hewan kurban benar-benar telah keluar seluruhnya, melalui urat nadi yang terpotong dengan baik.
Demikianlah Tips Menyembelih (Memotong) Hewan Kurban, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Menutup artikel kali ini, redaksi SpesialTips! juga ingin mengucapkan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah.
Selamat Merayakan Idul Adha 1435 H
Idul Adha 1435 H

Advertisement
LihatTutupKomentar