Advertisement
Cara Menggunakan Tiga Fitur Unggulan Android Oreo - Setelah kehadiran Android Oreo menjadi berita hangat beberapa waktu lalu, banyak pengguna smartphone Android yang mulai bertanya-tanya tentang jenis smartphone apa saja yang bisa mendukung pemasangan sistem operasi Android terbaru itu.
Cara Menggunakan Tiga Fitur Unggulan Android Oreo
Cara Menggunakan Tiga Fitur Unggulan Android Oreo
Dirangkum dari berbagai sumber, diketahui bahwa untuk saat ini Android Oreo bisa dipasang pada beberapa jenis smartphone tertentu, diantaranya Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel, Pixel XL, dan Pixel C. Lantas, bagaimana cara pemasangan Android Oreo pada smartphone tersebut? Agar bisa melakukan upgrade dari sistem operasi Android yang lama ke sistem operasi Android Oreo, terdapat dua cara yang bisa diterapkan yaitu dengan cara paling  mudah dengan melakukan pembaruan sistem operasi secara OTA (over-the-air) atau dengan cara yang sedikit rumit yaitu melalui pemasangan manual dengan mengunduh dan memasang Android 8.0 system images dari halaman resmi pengembang Android.

Nah, bagi Anda yang telah memasang dan menggunakan Android Oreo, mungkin tak akan menjumpai perbedaan mencolok pada tampilan Android Oreo dengan tampilan sistem operasi Android sebelumnya, namun dibalik kesamaan tampilan itu, sebenarnya ada banyak sekali perubahan dan penambahan fitur keren di Android Oreo yang hingga kini masih jarang diketahui cara penggunaannya. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang cara menggunakan beberapa fitur unggulan Android Oreo. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Menggunakan Tiga Fitur Unggulan Android Oreo


1. Cara Menggunakan Fitur Picture In Picture (PIP) Mode di Android Oreo
Fitur unggulan Android Oreo yanh pertama kita bahas Adalah Picture In Picture (PIP) Mode yang berfungsi memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi sambil menonton video. Cara menggunakan fitur itu sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi yang diinginkan, lalu susutkan (minimize) aplikasi tersebut. 

Selanjutnya buka video yang ingin ditonton. Sementara layar video muncul buka kembali aplikasi yang disusutkan tadi. Nah, bila Anda telah melakukan langkah tersebut dengan benar, maka tampilan kotak layar video akan muncul bersamaan dengan aplikasi yang Anda buka sebelumnya.

2. Cara Menggunakan Fitur Notification Dots di Android Oreo
Fitur unggulan lain di Android Oreo adalah fitur Notification Dots, yang berfungsi untuk memunculkan kotak pesan yang berisi informasi dari setiap notifikasi yang masuk pada layanan aplikasi tertentu.

Cara menggunakan fitur Notification Dots adalah dengan membuka pilihan menu pengaturan/setelan. Tahap selanjutnya, masuk ke pengaturan Apps & notifications. setelah itu, lakukan tap pada pilihan bertuliskan Notifications. Terakhir, aktifkan fitur Notification Dots dengan mengubah menyalakan tombol bertuliskan Allow menjadi "on". Bila telah selesai, maka setiap ada pemberitahuan dari layanan aplikasi yang terpasang di smartphone, maka secara otomatis muncul pula notifikasi berupa kotak pesan di layar utama.

3. Cara Menggunakan Fitur Autofill di Android Oreo
Fitur Autofill di Android Oreo berfungsi untuk mengingat dan memasukkan informasi data login, sehingga pengguna bisa dengan mudah masuk ke aplikasi atau halaman login tertentu tanpa harus mengisi kembali data login kembali.

Cara menggunakan fitur Autofill juga sangat sederhana, Anda hanya perlu memberikan ijin kepada fitur tersebut untuk melakukan fungsinya pada tiap aplikasi yang terpasang, yaitu dengan masuk ke pilihan Pengaturan/Setelan (Settings), selanjutnya pilih pengaturan Languages & input. Sesaat setelah itu Anda bisa membuka pengaturan bertuliskan Autofill service. Tahap terakhir, akan muncul daftar aplikasi yang bisa dipilih untuk menggunkan fitur Autofill.


Demikianlah informasi tentang cara menggunakan tiga fitur unggulan Android Oreo. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top