Advertisement
Tips Spesial Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan - Bulan suci Ramadhan telah tiba, tentunya bagi mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam akan melakukan salah satu ibadah yang paling dinanti-nanti setiap tahuannya, yaitu melakukan puasa di bulan mulia ini.
Tips Spesial Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
Tips Spesial Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
Membahas tentang puasa di bulan Ramadhan, maka tentunya menjaga kesehatan tubuh menjadi hal terpenting bagi kita agar dapat maksimal melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Berkaitan tentang puasa dan kesehatan, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi dan tips spesial tentang hal-hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat selama melakukan puasa Ramadhan.

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melakukan Puasa Ramadhan?
Pada keadaan normal, atau saat sedang tidak berpuasa glukosa akan tersimpan di hati (liver) dan otot, sebagai sumber energi utama tubuh. Tentunya, dengan berpuasa di bulan Ramadhan, maka akan terjadi perubahan pola makan yang akan memengaruhi ketersediaan glukosa di dalam tubuh.

Ketika berpuasa dalam kisaran waktu rata-rata delapan jam, maka glukosa yang tersimpan di kedua tempat pada tubuh tersebut akan terkuras digunakan oleh tubuh. Nah, ketika glukosa di kedua tempat tadi habis, maka tubuh akan secara otomatis mencari alternatif penyerapan glokosa dari sumber yang lain, yaitu lemak tubuh yang juga menyimpan glukosa.

Disinlah letak keajaiban puasa Ramadhan yang dilakukan rutin dalam satu bulan, dimana sehari rata-rata puasa di lakukan sekitar tiga belas atau empat belas jam, yaitu tubuh hanya sampai ke tahap menggunakan lemak sebagai sumber mendapatkan glukosa, dan tak sampai ke sumber-sumber penyimpanan glukosa lain yang dapat berdampak negatif bagi tubuh.

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan
Dari penjelasan di atas, lemak yang tersimpan di dalam tubuh digunakan untuk menjadi sumber mendapatkan energi. Nah, ternyata keadaan ini sangatlah baik bagi tubuh orang yang melakukan puasa, dimana penggunaan lemak akan berpengaruh terhadap penurunan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol. Selain manfaat tersebut, dari berbagai sumber diketahui pula bila puasa juga mampu meningkatkan kadar endorfin, atau yang lebih dikenal pula sebagai hormon "kebahagiaan" yang mampu melawan stres.

Tips Spesial Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
Untuk menghindari gangguan kesehatan saat sedang melakukan puasa Ramadhan, maka disarankan bagi kita untuk selalu menjaga asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang seimbang, lemak dan  ketika sahur maupun ketika berbuka puasa. Pasalnya, bila tak hati-hati atau berlebihan saat makan diwaktu yang ditentukan tersebut, maka alih-alih tubuh bisa tetap sehat, justru berbagai macam masalah bisa datang menghampiri. 

Menghindari masalah gangguan kesehatan di bulan puasa, berikut adalah beberapa hal yang berhubungan dengan makanan yang perlu dihindari saat sahur dan berbuka di bulan puasa.
  • Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng atau makanan yang berminyak, misalnya gorengan, ayam goreng cepat saji, nasi goreng atau mie goreng.
  • Makanan yang memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tinggi.
  • Hindari pula terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak tinggi.
Sementara itu, jenis makanan yang disarankan agar bisa menunjang kondisi kesehatan ketika berpuasa diantaranya adalah buah-buahan, sayuran, roti, kentang, ikan, susu.
Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang serba serbi puasa dan kesehatan serta tips spesial menjaga tubuh tetap sehat selama melakukan ibadah puasa Ramadhan. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat, dan akhir kata, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan Bagi Umat Muslim Sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top