Advertisement
Empat Cara Aman Mengisi Daya (Charging) Baterai Smartphone Lebih Cepat - Apa yang Anda lakukan ketika melihat indikator daya baterai mulai lemah? Sudah pasti, jawabannya adalah melakukan pengisian daya alias charging baterai agar smartphone tidak mati dan tetap bisa digunakan.
Empat Cara Aman Mengisi Daya (Charging) Baterai Smartphone Lebih Cepat
Empat Cara Aman Mengisi Daya (Charging) Baterai Smartphone Lebih Cepat
Namun, bagaimana jadinya bila ternyata Anda tak punya banyak waktu untuk menunggu proses pengisian daya baterai smartphone sampai benar-benar penuh? Umumnya, sebagian besar pengguna smartphone akan memutuskan untuk mengakhiri proses pengisian daya baterai, dan mengabaikan charging baterai hingga penuh. 


Sialnya, tak banyak pula yang menyadari bila kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terganggunya performa baterai, dan mengakibatkan makin berkurangnya usia pakai baterai smartphone.


Lantas, bagaimana caranya agar daya baterai lebih cepat terisi ketika charging dilakukan, tanpa harus berhadapan dengan risiko rusaknya baterai? Nah, guna menjawab pertanyaan ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa cara aman yang bisa Anda lakukan agar bisa mengisi daya (charging) baterai, yang dikutip dari berbagai sumber. Apa dan bagaimana informasinya? Berikut ulasan selengkapnya.

Empat Cara Aman Mengisi Daya (Charging) Baterai Smartphone Lebih Cepat

1. Matikan smartphone
Cara aman pertama untuk mengisi daya baterai smartphone lebih cepat adalah dengan mematikan smartphone. Mengapa mematikan smartphone? Sederhana saja, bila proses pengisian daya dilakukan dalam keadaan smartphone sedang aktif, tentunya baterai akan tetap menyuplai daya, dan akibatnya selain membuat baterai lebih cepat panas, maka waktu pengisian daya (charging) akan membutuhkan waktu lebih lama pula.

2. Ubah ke mode pesawat (Airplane Mode)
Bila Anda terpaksa harus mengaktifkan smartphone ketika mengisi daya (charging) baterai, maka disarankan untuk mengubah mode konektivitas smartphone ke mode pesawat (airplane mode). Tujuannya, agar smartphone tak banyak menggunakan daya baterai untuk urusan konektivitas jaringan, sehingga proses pengisian daya menjadi lebih cepat.

3. Mengisi daya (charging) baterai sebelum habis
Bila Anda termasuk orang dengan aktivitas tinggi, maka ada baiknya untuk melakukan pengisian daya sebelum kapasitas daya baterai menunjukkan lemah atau habis, misalnya saja ketika indikator masih menunjukkan 40-50 persen. Dengan cara ini, pastinya proses pengisian daya (charging) baterai akan menjadi lebih cepat. Namun, perlu diperhatikan untuk melakukan cara ini dalam keadaan benar-benar terdesak saja, pasalnya terlalu sering mengisi daya baterai saat kondisi tidak benar-benar habis, dapat pula memengaruhi usia pemakaian baterai.

4. Menggunakan aplikasi
Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan aplikasi tertentu yang berfungsi untuk mempercepat proses pengisian daya (charging) baterai, misalnya saja aplikasi Fast Charging Pro, Super Fast Charging, atau Battery Doctor bagi pengguna Android, dan aplikasi Fast Charger untuk pengguna iPhone.

Nah, demikianlah informasi singkat tentang Empat Cara Aman Mengisi Daya (Charging) Baterai Smartphone Lebih Cepat. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top