Advertisement
Hasil Riset Ilmuwan dan Penyanyi Ternama, Ciptakan Lagu yang Mampu Membuat Bayi Jadi Lebih Riang - Apa yang Anda lakukan untuk membuat bayi Anda tertawa dan menjadi lebih riang? Memainkan permainan menutup dan membuka wajah (ciluk ba!), membuat tiruan suara hewan? Atau mungkin dengan memainkan ekspresi wajah Anda di hadapan si bayi? Mungkin itulah beberapa cara yang paling umum dilakukan oleh para orang tua untuk menggugah si bayi menjadi lebih riang atau tertawa.
Kerjasama Ilmuwan dan Penyanyi Ciptakan Lagu Unik yang Bisa Membuat Bayi Jadi Lebih Riang
Ilmuwan dan Penyanyi Ciptakan Lagu Unik yang Bisa Membuat Bayi Jadi Lebih Riang
Namun, pernahkah Anda mencoba cara lain, yaitu memutarkan musik atau lagu untuk membuat bayi Anda tertawa dan menjadikannya lebih riang? Ya, dari berbagai sumber diketahui bila melalui suara lantunan lagu dan musik, juga mampu mengubah suasana hati bayi. Nah, berkaitan dengan cara ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi sebuah informasi unik tentang hasil riset ilmuwan yang berhasil menciptakan sebuah lagu yang mampu merangsang suasana hati bayi menjadi lebih riang.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Conversation, dikabarkan bahwa melalui hasil riset ilmuwan dari University of London, bekerjasama dengan Imogen Heap, seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu asal Inggris, berhasil menciptakan sebuah lagu yang diklaim mampu membuat bayi tertawa dan menjadi lebih riang. 

Lebih jauh disebutkan, pada riset tersebut para ilmuwan melakukan pengumpulan data penunjang sebagai prasyarat lagu yang tepat untuk bayi, misalnya saja suara alat musik yang akan digunakan, tempo dari lagu yang disesuaikan dengan detak jatung bayi, dan menggunakan vokalis wanita sebagai penyanyi lagu (hal ini dikarenakan bayi lebih cenderung menyukai suara wanita di bandingkan pria). Selanjutnya, pencipta lagu Imogen Heap, membuat beberapa pilihan lagu berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan tadi.

Setelah dibuat beberapa lagu maka riset dilanjutkan dengan mengumpulkan data kunci, seperti meminta pendapat pada lebih dari 2.500 orang tua terhadap lagu yang diperdengarkan dan reaksi bayi ketika mendengarkan beberapa lagu. Nah, pada akhirnya hasil perbandingan reaksi dari sejumlah bayi berusia 6 sampai 12 bulan ketika mendengarkan sejumlah lagu, didapati respon positif yang ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku pada bayi, seperti terpesona, tersenyum, tertawa dan bergerak, pada lagu berjudul 'The Happy Song'.

Sumber Video : YouTube

Disebutkan oleh Dr. Caspar Addyman, psikolog sekaligus ilmuwan dalam riset tersebut, bahwa ia dan rekan-rekannya berencana untuk melakukan studi lanjutan untuk melihat lebih jauh lagi bagaimana pengaruh musik pada respon fisiologis bayi.
Bagaimana, unik bukan? Demikianlah informasi yang bisa SpesialTips! bagikan kali ini, semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. sewaktu hamil anak pertama saya suka mendengar lagu klasik, dan alhamdulillah sekarang anaknya cerdas, aktif dan kritis. anak kedua juga suka mendengarkan musik tapi lebih ke pop, alhamdulillah juga anaknya aktif dan cerdas.

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top