Advertisement
Beberapa Fakta Statistik Unik Dibalik Kepopuleran YouTube yang Jarang Diketahui - Siapa sih yang tak mengenal YouTube? Hampir semua pengguna internet di dunia pernah atau bahkan sering mengakses situs web berbagi video milik Google tersebut. Tak hanya populer sebagai sarana untuk menonton video-video unik, alasan lain yang membuat YouTube semakin besar dan terkenal karena layanan situ web ini juga mampu memberikan tambahan penghasilan bagi penggunanya.
5 Fakta Statistik Unik Dibalik Kepopuleran YouTube yang Jarang Diketahui
5 Fakta Statistik Unik Dibalik Kepopuleran YouTube
Namun, dibalik suksesnya YouTube sebagai situs web berbagi video, tak banyak orang yang mengetahui bila ternyata ada banyak sekali fakta-fakta unik dan mencengangkan tentang situs tersebut. Misalnya saja, fakta statistik jumlah konten video yang di unggah ke YouTube oleh penggunanya selama hanya dua bulan, ternyata mampu menyamai atau setara dengan jumlah konten video yang dihasilkan dari tiga jaringan televisi terbesar di Amerika Serikat dalam waktu enam tahun.

Nah, guna menambah pengetahuan sahabat pembaca sekalian, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips akan mencoba berbagi informasi unik, tentang beberapa fakta statistik YouTube yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber (Huffington Post dan Wikipedia), berikut adalah 5 fakta statistik unik dibalik kepopuleran YouTube.

1. Statistik jumlah pengguna YouTube
Semua orang tahu kalau YouTube sangatlah populer, tapi tahukah Anda bila fakta statistik terkini mendapati bahwa jumlah pengguna YouTube telah mencapai 1 miliar orang di seluruh dunia, atau sama dengan sepertiga pengguna internet dunia.

2. Statistik pengguna YouTube berdasarkan perilaku
Fakta unik statistik YouTube lainnya dapat diketahui berdasarkan perilaku (kebiasaan) pengguna YouTube, dimana secara keseluruhan pengguna YouTube menghabiskan waktu 6 milar jam untuk menonton video dalam waktu 1 bulan. Bukan itu saja, diketahui pula dalam sehari pengguna YouTube menonton 4 miliar video. Selain itu rata-rata keseluruhan durasi video yang diunggah ke YouTube mampu mencapai 300 jam setiap menitnya.

3. Sebagian besar penonton YouTube berasal dari luar Amerika Serikat
Setelah di akuisisi oleh Google di tahun 2016, YouTube telah menyediakan akses ke 76 bahasa, dan juga memiliki versi lokal untuk 70 negara. Bukan tanpa alasan, mengapa hal tersebut dilakukan oleh YouTube, pasalnya sebagian besar (80 persen) penonton video dan pengunjung YouTube berasal dari luar Amerika Serikat.

4. Negara dengan jumlah penonton video YouTube terbanyak dari luar Amerika Serikat
Coba tebak, negara mana yang mencatatkan jumlah terbanyak penonton YouTube dari luar Amerika Serikat? Apakah Indonesia, China, India atau negara-negara di Eropa? Bukan, faktanya negara dengan jumlah penonton video YouTuber terbanyak (selain Amerika Serikat) justru dipegang oleh Arab Saudi. Loh, Kok bisa? Ada berbagai macam alasan yang bisa dikemukakan, salah satu diantaranya karena layanan media sosial dan televisi di Arab Saudi tidak sebebas di negara-negara lain, dan sementara YouTube merupakan sarana hiburan yang bisa diakses tanpa batasan di negara tersebut.

5. Topik yang paling banyak dicari di YouTube
Dari berbagai sumber diketahui bila topik yang paling banyak dicari di YouTube adalah video tentang tutorial dan musik.

Selain fakta-fakta di atas, terdapat pula fakta unik dan lucu yang sering dilakukan oleh pengguna YouTube di Indonesia, yaitu fakta dimana banyak penggunany yang justru berusaha untuk mengunduh video, walaupun sebenarnya pihak YouTube sendiri melarang hal itu.


Nah, demikianlah informasi tentang 5 fakta statistik unik dibalik kepopuleran YouTube yang jarang diketahui. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top