Advertisement
Facebook Siapkan Layanan Unik Untuk Membuat Kreasi Bingkai Kustom Foto dan Video - Anda gemar mengunggah foto dan video di Facebook? Atau mungkin Anda sering berbagi video menggunakan layanan live streaming video Facebook? Bila ya, maka informasi dari Spesial Tips kali ini, bisa menjadi kabar gembira bagi Anda. Baru-baru ini, tengah berhembus kabar bahwa pihak Facebook sedang menyiapkan sebuah fitur baru nan unik bertajuk Camera Effects yang berfungsi untuk membuat custom frames (bingkai kustom) foto dan video.
Facebook Siapkan Layanan Unik Untuk Membuat Kreasi Bingkai Kustom Foto dan Video
Ilustrasi Kreasi Bingkai Kustom Foto dan Video
Dari hasil penelusuran Spesial Tips melalui halaman layanan Facebook camera effects, didapati informasi bahwa nantinya melalui layanan tersebut para pengguna Facebook akan bisa membuat kreasi bingkai foto dan video kustom mereka sendiri di Facebook. Sementara itu, dari beberapa sumber lainnya (Mashable dan Slashgear) disebutkan bahwa tak seperti sarana membuat bingkai pada gambar profil pengguna Facebook yang telah ada sebelumnya (profilepicframes), dengan layanan bertajuk frames, pengguna bisa membuat dan mengkreasikan sendiri bingkai foto atau pun video dengan desain mereka.

Keunikan lain dari layanan membuat bingkai kustom itu, hasil kreasi bingkai foto atau pun video yang telah dibuat, nantinya juga akan bisa dibagikan dan digunakan oleh pengguna Facebook lainnya. Selanjutnya, si pembuat bingkai kustom tersebut, juga bisa mengetahui seberapa banyak orang yang telah menggunakan bingkai buatannya, melalui informasi statistik khusus.

Lantas, bagaimana cara kerja fitur custom frame dari Facebook tersebut? Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Facebook dijelaskan bahwa cara kerja layanan custom frame sangatlah sederhana, dimana pengguna hanya perlu melakukan beberapa tahapan singkat, yaitu:

  • Pengguna bisa membuat desain sebuah gambar yang akan dimasukkan ke dalam frame (bingkai) Facebook (format PNG dan menggunakan latar belakang transparan pada setiap elemen) dengan memakai alat desain gambar favoritnya, misalnya saja seperti Photoshop.
  • Mengunggah hasil desain gambar ke dalam media yang telah disediakan oleh Facebook, dan melakukan pengaturan tata letak pada untuk membuat bingkai.
  • Memastikan tampilan bingkai dapat terlihat dengan melakukan pra-tayang (preview) dalam berbagai ukuran dan bentuk (persegi, potrait atau landscape).
  • Selanjutnya, pengguna perlu masukan informasi detail dari bingkai yang kita buat, misalnya saja nama, lokasi dan lainnya.
  • Setelah tahapan tersebut, maka selanjutnya pihak Facebook akan melakukan peninjauan terlebih dahulu terhadap bingkai yang telah dibuat. Bila disetujui dan telah aktif, maka bingkai tersebut telah bisa untuk digunakan oleh pemilik bingkai dan membagikannya untuk digunakan oleh pengguna Facebook lainnya.
  • Nah, pada akhirnya si pembuat bingkai kustom juga bisa melihat statistik penggunaan bingkai hasil kreasinya di Facebook.

Contoh Tampilan Kreasi Bingkai Kustom Foto dan Video di Facebook
Sumber Gambar : Facebook
Penasaran untuk mencoba layanan unik tersebut? Perlu diketahui oleh sahabat pembaca sekalian, untuk bisa menggunakan layanan baru dari Facebook ini, maka mungkin Anda perlu sedikit bersabar, pasalnya layanan ini hanya bekerja pada fitur efek kamera (Camera Effects) yang masih terbatas penggunaannya di negara tertentu saja. Namun, sebagai 'bocoran' layanan ini nantinya akan bisa diakses melalui layanan khusus Facebook Camera Effects (/fbcameraeffects).

Baca Juga: Facebook Luncurkan Layanan Gameroom Bagi Pengguna PC, Begini Syarat dan Cara Pemasangannya

Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan kali ini. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top