Advertisement
Tiga Trik Spesial Untuk Meningkatkan Kemampuan Browser Firefox di Komputer - Apakah Anda termasuk salah satu pengguna browser Firefox? Bila ya, maka tahukah Anda bila ternyata hanya dengan menggunakan beberapa trik sederhana, kita bisa dengan mudah meningkatkan kemampuan browser Firefox, diantaranya untuk meningkatkan kecepatan kerja browser, menjaga keamanan browser menambahkan password pribadi, atau bahkan membuat tampilan tab dengan thumbnail di browser menjadi semakin unik, dengan menggunakan gambar kecil (thumbnail).

Trik Spesial Meningkatkan Kemampuan Browser Firefox di Komputer
Trik Spesial Meningkatkan Kemampuan Browser Firefox di Komputer
Penasaran bagaimana melakukannya? Nah, pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi tips unik, tentang tiga trik spesial untuk meningkatkan kemampuan browser Firefox di komputer. Apa dan bagaimana ketiga trik tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Trik meningkatkan kecepatan browser Firefox
Dibandingkan beberapa browser ternama lainnya, Firefox kini telah berevolusi menjadi peramban yang ringan dan cepat saat digunakan di komputer. Namun, tak jarang dikarenakan koneksi internet yang lambat terkadang kinerja browser Firefox pun ikut-ikutan lelet. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengaktifkan fitur rahasia Firefox bernama pipelining yang mampu memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa tab secara bersamaan dan mempercepat proses browsing. Berikut trik untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  • Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan fitur pipelining adalah dengan mengakses konfigurasi browser Firefox, yaitu dengan mengetik perintah di about:config pada kotak URL Firefox.
  • Selanjutnya akan muncul halaman peringatan dari Firefox terkait dengan perubahan yang akan dilakukan, pada tahap ini Anda dapat melewati peringatan dengan mengakses tombol biru bertuliskan "I accept the risk" . Tak perlu kuatir, pasalnya pengaktifan fitur pipelining tidak akan mengganggu atau merusak browser Firefox di komputer Anda.
  • Nah, setelah melewati tahap tersebut akan muncul daftar konfigurasi yang mungkin akan sedikit membingungkan. Tenang saja, hal yang perlu Anda lakukan hanya dengan mencari dua konfigurasi pengaktifan sebuah fitur unik bernama pipelining, yaitu dengan mengetikkan network.http.pipelining dan network.http.proxy.pipelining pada kotak pencarian di halaman tersebut. Setelah menemukan keduanya ubah value keduanya dari false menjadi true dengan melakukan dua kali tap pada pengaturan yang dimaksud. Agar lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Trik Meningkatkan kecepatan browser Firefox
Meningkatkan Kecepatan Browser Firefox Dengan Mengaktifkan Fitur Pipelining
  • Terakhir, lakukan restart Firefox, tunggu beberapa saat dan akhirnya Anda dapat menikmati peningkatan kecepatan browser Firefox di komputer.
2. Trik mengunci browser Firefox menggunakan password pribadi
Ada berbagai macam alasan mengapa kita perlu mengamankan browser, salah satunya adalah menghindari akses browser dari orang-orang disekitar kita, misalnya saja ketika harus meninggalkan komputer dalam keadaan menyala di kantor. Nah, menyikapi hal tersebut, maka Anda bisa melakukan langkah pengamanan dengan mengunci browser Firefox menggunakan password pribadi.

Caranya adalah dengan melakukan pemasangan aplikasi khusus Firefox atau add-ons bernama Master Passwor. Selanjutnya, lakukan pengaturan pada aplikasi tersebut untuk selalu meminta password pribadi Anda, ketika pertama kali dibuka/diakses.

3. Trik membuat beberapa tab di browser Firefox menjadi thumbnail
Membuka tab baru di browser Firefox bisa menjadi berbeda dengan browser lainnya. Ya, Anda dapat membuka banyak tab, dengan tampilan thumbnail yang tidak banyak mengonsumsi ruang pada browser dan akan mempermudah kita dalam melihat dan membuka beberapa tab. Bagaimana triknya?

Trik Membuat beberapa tab di browser Firefox menjadi thumbnail
Contoh Tampilan Beberapa Tab Menjadi Thumbnail
  • Tak jauh berbeda dengan cara mengaktifkan fitur pipelining yang telah dijelaskan di atas, hal yang perlu dilakukan hanya dengan mengakses halaman konfigurasi Firefox dengan mengetikkan perintah about:config pada kotak URL browser. 
  • Setelah itu, cari konfigurasi bertuliskan browser.ctrlTab.previews dan ubah value konfigurasi tersebut menjadi true.
  • Jangan lupa, untuk melakukan restart browser Firefox, dan setelah itu akan Anda dapat melihat beberapa tab menjadi thumbail unik,dan memilih salah satu diantaranya, dengan mengakses Ctrl + Tab, pada keyboard.

Demikianlah informasi singkat tentang beberapa trik spesial untuk meningkatkan kemampuan browser Firefox di komputer. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top