Advertisement
Fakta Unik Game Tetris, Dari Muatan Politik, Lagu Cinta, Sampai Sebagai Game Pertama yang Ke Luar Angkasa - Anda lahir di era '80 atau '90-an? Bila ya, maka pastinya Anda sudah tak asing lagi bila menyebut game paling legendaris bernama Tetris. Bagaimana tidak, permainan teka-teki menyusun balok-balok khusus dengan musik 8-bit yang menghipnotis dan bisa dimainkan menggunakan komputer atau gameboy ini, menjadi game terpopuler di dunia hingga beberapa dekade.
Enam Fakta Unik di Balik Game Tetris yang Legendaris
Enam Fakta Unik di Balik Game Tetris yang Legendaris
Salah satu fakta unik dari game Tetris, yang mungkin juga pernah dirasakan oleh kebanyakan orang yang pernah memainkan game tersebut yaitu mampu membuat pemainnya menjadi terobsesi untuk memikirkan cara memecahkan teka-teki menyusun balok virtual berwarna-warni itu, bahkan tak jarang ketika akan tidur pun, terbayang bagaimana bentuk dan susunan balok-balok di game Tetris saat akan jatuh.

Bukan itu saja, berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi SpesialTips! dari berbagai sumber, ternyata terdapat beberapa fakta unik di balik game legendaris Tetris. Nah, penasaran apa dan bagaimana fakta-fakta unik dari game Tetris yang dulunya terkenal dan dimainkan melalui konsol game yang lebih umum di lidah orang Indonesia dengan sebutan gimbot/jimbot tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Nama game Tetris terinspirasi dari Tenis
Fakta unik pertama dari game legendaris Tetris adalah penggunaan nama Tetris itu sendiri. Diketahui bahwa game Tetris didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1984. Ide pembuatan game ini, berasal dari sebuah permainan puzzle bernama Pentonimos, sementara nama Tetris terinspirasi dari nama latin numerik Tetra yang digabungkan dengan salah satu permainan favorit Alexey Pajitnov, yaitu tenis.

2. Game Tetris bisa menyebabkan halusinasi
Bukan sekedar rekaan, nyatanya game Tetris bisa menyebabkan halusinasi bagi orang yang sering memainkannya. Tertulis dalam sebuah novel nonfiksi berjudul Tetris: The Games People Play, tertulis game tersebut bisa menimbulkan efek samping aneh, bahkan setelah berhenti memainkan game tersebut, banyak yang masih terbayang dan melihat gambar balok yang jatuh ketika menutup mata. Tak hanya itu, pada beberapa kasus bayangan gambar kotak-kotak Tetris yang jatuh bisa sampai terbawa ke dalam mimpi.

Keadaan yang selanjutnya dinamai sebagai Tetris Effect tersebut, akhirnya diteliti oleh para ilmuwan dan diketahui merupakan bentuk halusinasi yang dikenal sebagai gaming-induced pseudo-hallucinations atau Game Transfer Phenomena (GTP).

3. Game Tetris dapat mengubah bentuk otak
Dalam artian positif, berdasarkan hasil penelitian di tahun 2009 yang telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah BMC Research Notes, ternyata game Tetris bisa mengubah bentuk otak. Perubahan bentuk yang dimaksud yaitu terjadinya penebalan pada korteks otak, dimana keadaan ini mampu bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi kognitif yang lebih baik.

4. Protes politik melalui kemunculan gambar pesawat terbang
Pada tanggal 28 Mei 1987, seorang pilot Jerman 19-tahun bernama Mathias Rust melakukan penerbangan dari Finlandia menggunakan pesawat bermesin tunggal Cessna, dan secara ilegal melintasi perbatasan Uni Soviet serta melakukan pendaratan di Red Square.

Lucunya, kejadian ini oleh perusahaan distribusi game Tetris di Amerika dan Inggris dijadikan ide untuk memasukkan gambar dari pesawat Mathias Rust pada salah satu adegan bertema Rusia. Sialnya, bagi Uni Soviet hal tersebut ditanggapi serius akibat suasana politik saat itu yang tidak kondusif antara negara barat dan Uni Soviet, dan dari pemberitaan New York Times di bulan Desember 1987, akhirnya Mathias Rust harus diadili dan dihukum oleh pengadilan Uni Soviet.

5. Musik 8-bit di game Tetris sebenarnya adalah lagu bertema cinta
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Wikipedia, diketahui bahwa theme songs atau lagu tema dalam game Tetris pada versi Nintendo di tahun 1989, berjudul Korobeiniki yang berarti penjaja/penjual dalam bahasa Indonesia. Uniknya, lagu tersebut bercerita tentang hubungan cinta antara seorang pemuda penjaja/penjual dan gadis petani bernama Katya.

6. Game Tetris merupakan video game pertama yang dibawa ke ruang angkasa
Dari LiveScience, disebutkan bahwa game Tetris merupakan video game pertama yang dibawa ke luar angkasa. Diketahui pada tahun 1993 seorang kosmonot Rusia Aleksandr Serebrov, membawa konsol gameboy dengan kartu permainan Tetris, saat melakukan perjalanan ke luar angkasa menumpang roket Soyuz TM-17 pada misi penerbangan antariksa Rusia ke stasiun Mir. Uniknya, kejadian tersebut justru membuat game Tetris menjadi permainan video game pertama yang dibawa dan dimainkan di ruang angkasa.


Nah, demikianlah informasi tentang enam fakta unik dari game Tetris yang legendaris. Semoga saja, sajian dari SpesialTips! tersebut, bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top