Advertisement
Android 7.0 Nougat atau iOS 10, Sistem Operasi Mana yang Terbaik - Baru-baru ini Google dan Apple selaku pengembang sistem operasi paling populer di dunia, diketahui telah merilis secara resmi, versi terbaru dari perangkat lunak penggerak tablet dan ponsel pintar mereka. 
Sistem Operasi Mana yang Terbaik, Android 7.0 Nougat atau iOS 10?
Android 7.0 Nougat Atau iOS 10
Lebih dulu hadir dengan sistem operasi barunya, Google mengusung Android 7.0 Nougat dengan fitur-fitur baru yang diklaim lebih canggih dibanding versi pendahulunya. Tak mau kalah, dalam selang waktu tak terlalu lama, Apple selaku pengembang resmi sistem operasi iOS pun mengumumkan sistem operasi paling anyar mereka, yaitu iOS 10, yang juga menyematkan berbagai fitur baru dan kemampuan yang lebih canggih pula.

Berkaitan dengan kehadiran dua sistem operasi baru tersebut, maka mungkin akan muncul sebuah pertanyaan mendasar, yaitu sistem operasi mana yang terbaik? Android 7.0 Nougat ataukah iOS 10? Sebenarnya agak sedikit kurang adil jika menanyakan hal ini, pasalnya perkara memilih sistem operasi lebih bersifat personal menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera si pengguna tablet atau pun ponsel itu sendiri. Namun, untuk lebih memudahkan kita dalam menjatuhkan pilihan, antara sistem operasi Android 7.0 Nougat dan iOS 10, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi perbandingan berdasarkan perbedaan utama dan fitur baru masing-masing sistem operasi.

Perbedaan Utama Android 7.0 Nougat dan iOS 10
Android 7.0 Nougat : Mungkin bukan hal baru lagi bila Android dijuluki sebagai sistem operasi 'jutaan umat', hal ini dikarenakan Android tak hanya secara eksklusif terpasang pada hanya satu jenis merek tablet dan ponsel pintar saja. Nah, begitu pula dengan Android 7.0 Nougat, dimana nantinya sistem operasi baru ini akan terpasang pada pilihan berbagai macam merek pabrikan ponsel. Tentunya, fleksibilitas sistem operasi pada jenis dan merek ponsel tersebut akan menjadi kelebihan tersendiri. Selanjutnya, tak berbeda dengan jenis sistem operasi Android lainnya, selain melalui Google Play Store, pengguna Android 7.0 Nougat juga bisa dengan mudah pula memasang aplikasi dari pihak ketiga baik secara online atau pun melalui perangkat keras lainnya, seperti melalui PC untuk menyalin data apapun. 

iOS 10: Berbeda dengan Android 7.0 Nougat, sistem operasi anyar iOS 10 lebih bersifat eksklusif dan hanya dapat dipasang pada ponsel pintar maupun tablet buatan Apple saja. Selain itu, pada iOS 10 pengguna dibatasi kemampuannya untuk beberapa hal, seperti hanya dapat menggunakan web browser bawaan, hanya dapat menerima dan mengirim musik atau video melalui iTunes. Walaupun terbatas, tapi bagi fans produk Apple hal ini justru menjadi pembeda dengan pengguna tablet dan ponsel pintar lainnya.

Fitur Baru Android 7.0 Nougat dan iOS 10
Android 7.0 Nougat : Adapun beberapa fitur baru yang dihadirkan pada sistem operasi Android 7.0 Nougat adalah:
  • Multi Window : Fitur baru yang memungkinkan pengguna Android untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dan tampil berdampingan (side-by-side)
  • Quick Switch : Fitur yang memungkinkan pengguna Android untuk  secara cepat beralih antara dua aplikasi terakhir yang digunakan.
  • Mendukung teknologi Vulkan TM/API dan platform virtual reality terbaru Google Daydream
  • Data Saver : adalah fitur baru yang berguna untuk menghentikan aplikasi menggunakan data 3G atau 4G dan hanya menjalankan aplikasi atau memperbaruinya ketika terhubung ke Wi-Fi.
  • Baterai yang lebih cerdas untuk menurunkan daya ketika ponsel tidak sedang digunakan



iOS 10 : Pada sistem operasi iOS 10, terdapat banyak sekali penambahan fitur-fitur baru, adapun beberapa diantaranya adalah:
  • Raise To Wake : fitur yang memungkinkan pengguna iOS 10 untuk melihat dan memeriksa notifikasi yang masuk tanpa harus masuk ke halaman home.
  • Kemampuan untuk membuka lebih dari satu aplikasi 
  • Pembaruan pada layanan peta navigasi yang lebih detail
  • Aplikasi home baru
  • Fitur Memories pada aplikasi foto/gambar
  • Perubahan pada aplikasi asisten pribadi virtual Siri, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan mencari gambar, mengenali dan menyalin pesan suara, dan masih banyak lagi.
Dari beberapa penjelasan di atas, dapat kita ketahui kelebihan, kekurangan dan keunikan masing-masing sistem operasi, baik Android 7.0 Nougat, maupun iOS 10. Sehingga, pilihan dan gelar sistem operasi tablet dan ponsel pinter terbaik, hanya bisa ditentukan oleh Anda sendiri, sebagai pengguna.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Bila diantara sahabat pembaca sekalian ada yang ingin memberikan tanggapan, terkait sistem operasi mana yang dianggap terbaik, maka Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar yang telah tersedia. 
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top