Advertisement
Tips Menghindari Sakit Kepala Dengan Mengenal Penyebab dan Cara Pencegahannya - Hampir sebagian besar orang pernah atau bahkan, sering mengalami sakit kepala. Namun, faktanya tak banyak diantara mereka yang mengetahui sumber penyebab sakit kepala yang dialami. Akibat dari ketidaktahuan tersebut, maka akan berdampak pada peningkatan risiko seseorang untuk kembali mengalami sakit kepala.
Tips Menghindari Sakit Kepala Dengan Mengenal Penyebab dan Cara Pencegahannya
Tips Menghindari Sakit Kepala
Dengan Mengenal Penyebab dan Cara Pencegahannya
Oleh sebab itu, mengenal penyebab terjadinya sakit kepala akan sangat penting artinya untuk kita ketahui. Pasalnya, selain dapat menghindarkan diri dari serangan sakit kepala berulang, tentunya akan memudahkan kita, untuk menentukan cara yang efektif untuk mengatasinya. Nah, melihat manfaat tersebut, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi penting terkait apa saja penyebab terjadinya sakit kepala.

Perlu diketahui oleh sahabat pembaca sekalian, berdasarkan informasi yang dikutip dari Wikipedia, sakit kepala atau dalam istilah medis disebut dengan cephalalgia adalah suatu kondisi atau gejala rasa nyeri di mana saja, pada bagian kepala dan leher (bagian belakang). Disebutkan pula, terdapat setidaknya lebih dari 200 jenis sakit kepala dengan berbagai penyebab.

Secara umum didasari karena penyebabnya, sakit kepala dibagi menjadi dua kelompok, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Untuk lebih jelasnya, arti sakit kepala primer adalah sakit kepala yang semata-mata disebabkan karena masalah pada struktur kepala yang peka terhadap rasa sakit, dan tidak disebabkan karena efek yang ditimbulkan dari penyakit lain. beberapa jenis sakit kepala yang biasanya disebabkan oleh sakit kepala primer adalah sakit kepala karena tegang, migrain dan sakit kepala cluster.

Sementara itu, sakit kepala sekunder diartikan sebagai sakit kepala yang disebabkan karena dampak penyakit lain yang sedang diderita oleh tubuh. Misalnya saja, sakit kepala karena gangguan sinus, flu, dan sakit gigi.

Bukan hanya itu saja, bahkan terdapat beberapa penyebab sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang, namun lagi-lagi karena kurangnya pengetahuan, maka biasanya penyebab sakit kepala ini sering tak disadari dan diabaikan, beberapa diantaranya adalah sakit kepala yang disebabkan karena tekanan darah terlalu tinggi (lebih dari 200/110), sakit kepala karena pengerahan tenaga secara tiba-tiba seperti saat tiba-tiba mengejan waktu bersin, tertawa atau lari cepat.


Setelah mengetahui apa saja penyebab dari sakit kepala melalui penjelasan di atas, maka hal yang tak kalah penting untuk kita ketahui adalah cara untuk mencegah sakit kepala datang kembali. Nah, membahas tentang cara pencegahan sakit kepala, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:
  • Makan secara teratur
  • Hindari stres
  • Cari tahu pemicu sakit kepala dan menghindarinya, misalnya saja migrain yang bisa disebabkan karena makan cokelat
  • Mengurangi konsumsi obat, pasalnya lebih sering meminum obat sakit kepala juga dapat berdampak meningkatkan risiko kambuhnya sakit kepala.
  • Mengurangi asupan kafein
  • Olahraga secara rutin

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top