Advertisement
5 Jenis Migrain Yang Jarang Diketahui Dan Cara Mengatasinya - Adalah sakit kepala sebelah, sebutan yang umumnya digunakan untuk menyebutkan Migrain. Salah satu jenis sakit kepala ini, mungkin tidak asing lagi bagi sahabat SpesialTips! sekalian. Diartikan sebagai gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang seringkali berhubungan dengan gejala-gejala sistem syaraf otonom, serta ditandai dengan rasa sakit di kepala hanya pada bagian tertentu (sebelah) yang berdenyut-denyut dan dapat berlangsung selama 2 sampai 72 jam (id.wikipedia.org).
Jenis Migrain Yang Jarang Diketahui Dan Cara Mengatasinya
5 Jenis Migrain Yang Jarang Diketahui Dan Cara Mengatasinya
Salah satu informasi berkaitan fakta seputar migrain, yang mungkin jarang diketahui oleh para pembaca SpesialTips! adalah, serangan sakit kepala sebelah ini ternyata memiliki beberapa jenis (tipe) berdasarkan sumber penyebabnya. Akan sangat penting artinya untuk mengetahui jenis-jenis migrain tersebut, karena akan membantu penderitanya, untuk dapat menentukan cara penanganan yang sesuai dengan jenis migrain yang diderita saat itu. Apa saja yang perlu diketahui, berhubungan dengan jenis dan cara mengatasi migrain? Berikut informasi selengkapnya.

1. Retinal Migraine
Migrain jenis ini umumnya diartikan sebagai serangan sakit kepala sebelah yang disertai gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan sementara pada salah satu mata. Umumnya serangan retinal migrain hanya berlangsung sementara, dengan ditandai penglihatan yang terganggu seperti pandangan yang tampak retak, membesarnya titik buta (blind spot), dan pandangan berkunang-kunang seperti melihat beberapa kilauan cahaya. Cara Mengatasinya: Meskipun jenis migrain ini terdengar berbahaya, namun biasanya tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya, tanpa pengobatan dalam waktu 20 hingga 30 menit. Solusi untuk mengatasi Retinal Migrain adalah dengan menghindari pemicunya, seperti waktu tidur yang terlalu sedikit dan juga terlalu banyak, stres, kebiasaan makan yang tidak teratur serta menahan lapar, dan bau-bauan tertentu.

2. Heplimegic Migraine
Jenis Migrain ini, memiliki pola serangan yang cukup mengkhawatirkan. Biasanya penderita hemiplegic migraine akan merasakan serangan sakit kepala berujung pada penurunan motorik hingga menimbulkan kelumpuhan sementara. Umumnya migrain dengan jenis ini hanya diderita oleh bayi dan anak-anak, dan sangat jarang menyerang orang dewasa. Cara Mengatasinya: Karena gejala migrain jenis hemiplegic ini mirip dengan serangan stroke, maka disarankan untuk segera memeriksakannya pada dokter demi diagnosa serta penanganan lebih lanjut.

3. Migraine Brainstem Aura
Mungkin akan sulit bagi seorang awam untuk mengartikan migrain jenis ini. Dari berbagai sumber yang membahas migain dengan aura batang otak, diketahui bahwa migrain ini merupakan serangan migrain dengan aura (fenomena neurologi fokus yang muncul sebelum atau selama sakit kepala) pada batak otak seseorang, yang dapat mengakibatkan vertigo, telinga berdenging, penglihatan ganda, tingkat penurunan kesadaran. Cara mengatasinya: Solusi terbaik adalah langsung berkonsutasi dengan dokter untuk mengatasi migrain ini, selain itu langkah pencegahan dapat dilakukan dengan mengonsumsi jenis obat-obatan yang mengandung verapamil, topiramate atau lamotrigin.

4. Menstrual Migraine
Migrain jenis ini hanya dialami oleh wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi, umumnya sakit kepala menyerang di dua hari hingga berlangsungnya menstruasi. Apabila serangan sakit kepala terjadi selama lebih dari tiga periode menstruasi, maka dapat dipastikan seseorang memiiki menstrual migraine. Cara Mengatasinya: Untuk Anda yang sudah dapat dipastikan menderita dan sering mengalami menstrual migrain, ada baiknya untuk mengonsumsi neproxin (obat untuk mencegah migrain) beberapa hari sebelum masa menstruasi.

5. Abdominal Migraine
Migrain ini, termasuk jenis migrain yang unik karena dalam serangannya terkadang tidak ditandai dengan sakit kepala. Umumnya diderita oleh anak-anak dan remaja, abdominal migraine mengakibatkan sakit perut, mual dan disertai dengan muntah. Cara Mengatasinya: Disarankan untuk mengonsumsi suplemen nutrisi, namun cara terbaik untuk mengatasi migrain ini adalah dengan memeriksakannya pada dokter.
(sumber: prevention.com)

Demikianlah informasi singkat tentang jenis-jenis migrain dan cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top