Advertisement
Mengenal Childhood Amnesia, Saat Kenangan Masa Kanak-kanak Hilang Dari Ingatan - Pernah mencoba mengingat kembali kenangan masa kanak-kanak, saat Anda masih berusia tiga atau empat tahun? Sulit bukan? Ya, tak hanya Anda, bahkan hampir dapat dipastikan semua orang dewasa di dunia akan mengalami masalah serupa, dimana kemampuan untuk mengingat detail kenangan pada masa kanak-kanak, khususnya saat berusia di bawah 4 tahun. Fenomena ini, sering juga disebut dengan Childhood Amnesia.
Mengenal Childhood Amnesia, Saat Kenangan Masa Kanak-kanak Hilang Dari Ingatan
Mengenal Childhood Amnesia
Apa Itu Childhood Amnesia?
Childhood Amnesia (infantile amnesia) adalah ketidakmampuan orang dewasa untuk mengingat kembali kenangan peristiwa tertentu pada masa kanak-kanak, khususnya sebelum usia 4 tahun. Dijelaskan oleh beberapa penelitian, sebenarnya anak pada usia 2 hingga 3 tahun telah mampu mengingat hal-hal tertentu, seperti pengalaman traumatik. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, kenangan-kenangan tersebut akan memudar dan akhirnya berujung pada hilangnya ingatan masa kecil. Pertanyaannya, mengapa kita bisa mengalami Childhood Amnesia?

Penyebab Childhood Amnesia
Ada beberapa penyebab yang disebutkan oleh para ahli untuk menjelaskan mengapa kita bisa mengalami childhood amnesia, diantaranya adalah:
  • Kemampuan anak-anak untuk mengolah dan memroses sebuah pengalaman yang biasanya tanpa dihubungkan dengan peristiwa yang berkaitan. Sementara, pada orang dewasa proses penyusunan memori, menjadi lebih kompleks.
  • Faktor perkembangan biologis, dimana struktur otak yang bertugas untuk memperkuat memori, yaitu hippocampus, belum berkembang secara matang hingga pada usia 3 tahun.
  • Selain itu, kemampuan bahasa, perkembangan kognitif, serta emosi juga disebut-sebut melatarbelakangi childhood amnesia.
Selanjutnya, berdasarkan informasi yang dikutip dari The Independent, terdapat sebuah fakta unik yang berhubungan dengan childhood amnesia, dimana faktor sosial dan budaya juga dapat memberikan efek childhood amnesia yang berbeda pada tiap-tiap orang dewasa. Perlu diketahui pula bahwa, kenangan di masa kanak-kanak dapat memengaruhi pembentukan karakter seseorang ketika ia dewasa nanti, oleh sebab itu peran pengasuhan orang tua akan menjadi sangat penting.

Nah, demikianlah informasi tentang Childhood Amnesia (infantile amnesia) yang dapat SpesialTips! bagikan. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top