Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Fitur Facebook Live Streaming Video - Pernah mendengar atau mungkin melihat berita tentang kemunculan salah satu fitur Facebook yang bernama Facebook Live streaming video? Mulai ramai dibicarakan oleh para penggunanya, Facebook selaku media sosial online terbesar di dunia, telah memberikan pengalaman baru dengan kehadiran fitur Live streaming video saat berinteraksi bersama teman, saudara, bahkan rekan bisnis melalui Facebook.
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Fitur Facebook Live Streaming Video
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Fitur Facebook Live Streaming Video
Fitur Facebook Live streaming video sendiri pertama kali hadir hanya dibatasi bagi publik figur dan perusahaan besar melalui halaman khusus, dengan nama yang berbeda, yaitu "Mentions". Namun kini, fitur yang ditujukan bagi para pengguna smartphone melalui aplikasi Facebook tersebut, makin berkembang dan dapat digunakan oleh hampir semua pengguna Facebook di dunia, berlabel "Live".

Berdasarkan hasil penelusuran redaksi SpesialTips! banyak pengguna Facebook di Indonesia, yang merasa penasaran tentang cara penggunaan fitur Facebook Live streaming video pada aplikasi Facebook yang tersemat di dalam smartphone mereka. Hal ini ditunjukkan bagaimana tingginya jumlah pencarian menggunakan kata kunci "cara menggunakan fitur Facebook Live streaming video" pada halaman mesin pencari Google, dimana saat ini saja tercatat telah mencapai lebih dari 200 ribu pencarian khusus untuk Indonesia.

Berangkat dari data tersebut, guna membantu para pengguna Facebook di Indonesia terkait dengan cara penggunaan fitur Facebook Live streaming, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi panduan lengkap cara menggunakan fitur Facebook Live streaming video. Apa saja yang perlu Anda ketahui dan lakukan agar bisa menggunakan fitur tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Cara menyiarkan (streaming) video dengan Facebook Live
Untuk saat ini, fitur Facebook live streaming video telah dapat dinikmati oleh pengguna smartphone berbasis iOS dan Android, melalui aplikasi Facebook. Namun, yang perlu diketahui bahwa hanya pengguna Facebook dengan akun yang telah terverifikasi-lah yang dapat menggunakan fitur Live streaming video, jadi pastikan dahulu apakah akun Facebook milik Anda telah terverifikasi atau belum.

Nah, langkah selanjutnya adalah melakukan streaming video, yaitu dengan cara berikut:
1. Buka dan lakukan login akun Facebook Anda pada Facebook di smartphone iOS atau Android
2. Sentuh (tap) tanda  Dari halaman News Feed atau Timeline akun Facebook Anda
3. Selanjutnya cari dan lakukan tap pada fitur Facebook Live yang dengan tanda  untuk  melakukan streaming video
4. Jangan lupa untuk menuliskan pilihan deskripsi tentang siaran video Anda, dan mengatur pilihan siapa saja yang dapat melihat video streaming tersebut
5. Selanjutnya lakukan tap pada pilihan yang bertuliskan Go Live untuk memulai siaran Anda
6. Bila Anda ingin mengakhiri streaming video, cukup menekan pilihan bertuliskan Finish.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pula ketika ingin menggunakan fitur Facebook Live streaming video, yaitu pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cukup kuat saat ingin melakukan streaming video Anda, pastikan pula kuota internet Anda benar-benar cukup, karena melakukan streaming video membutuhkan daya koneksi internet yang sedikit boros.

Cara menyaksikan (menonton) streaming video Facebook Live
Untuk Anda yang hanya ingin menyaksikan (menonton) streaming video teman atau sahabat Anda melalui Facebook, maka pada umumnya akan muncul pemberitahuan yang menjelaskan bahwa teman Anda sedang melakukan streaming video menggunakan fitur Facebook Live, dan selanjutnya Anda dapat mengakses pemberitahuan tersebut, untuk menyaksikan video secara langsung yang disiarkan oleh teman Anda. 

Namun, pada keadaan tertentu pemberitahuan juga tak serta merta muncul pada timeline akun Facebook Anda. Nah, untuk dapat menyaksikan (menonton) siaran video tersebut, Anda dapat mencari siapa saja yang sedang menggunakan fitur Facebook Live streaming video di seluruh dunia, dengan memanfaatkan fitur peta pencarian yang baru-baru ini diluncurkan oleh Facebook, yaitu dengan mengakses tautan resmi peta dunia tersebut. Berikut contoh tampilan dari peta pencari live streaming video.
Peta Facebook Live Streaming Video
Peta Live Streaming Video
Pada peta tersebut, akan terlihat beberapa titik dengan warna biru, dimana titik-titik tersebut merupakan representasi pengguna Facebook yang sedang melakukan siaran video secara langsung, menggunakan fitur Facebook Live streaming video. Nah, dengan mengakses salah satu tanda titik biru tersebut, maka Anda akan dapat menyaksikan (menonton) streaming video si pemilik akun Facebok siaran video. Perlu diketahui pula, fitur ini belum dapat digunakan melalui perangkat smartphone dan sementara ini hanya bisa diakses melalui desktop.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga, dari sajian informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.


Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Kalau gagal terus waktu mau streaming video kenapa ya? Apa mungkin karena koneksi internetnya yang lambat? Ataukah ponselnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak penyebab gagalnya live streaming di Facebook, salah satunya koneksi internet yang harus mumpuni :) ponsel juga berpengaruh, misalnya saja ponsel Android kelas android jelly bean ke bawah sepertinya akan sulit untuk melakukan streaming video live di Facebook :)

      Delete
  2. Klo maksud simbol yg bentuknya mirip mata di samping tulisan langsung itu utk jumlah apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak salah, gambar tersebut menunjukkan jumlah orang yang sedang menonton video live streaming Facebook-nya :)

      Delete
  3. Sinyal koneksisaya lumayan bagus.. ada 4 dari 5.. nah tiap kali streaming pasti nyendat2.. apa karena internet ya?😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah satu penyebab utamanya. selain itu spesifikasi ponsel juga berpengaruh... biasanya koneksi internet 4G lebih stabil saat live dibanding koneksi 3G... :)

      Delete
  4. Saya sudah download facebook di playstore tapi kenapa di facebook itu tidak ada video untuk live?.mohon bantuannya.:))

    ReplyDelete
  5. KEnapa facebook aku sudah di perbaharui tapi fitur live nya tetap tidak ada !! sya coba log in ke facebook tmn yg sudah ada fitur live nya akun facebook Aku bisa live di hp tmn!!

    ReplyDelete
  6. Menjawab dua pertanyaan serupa di atas, saya hanya bisa menduga ada banyak kemungkinan yang buat tombol fitur live streaming di aplikasi Facebook tidak muncul, beberapa diantaranya adalah perangkat (ponsel) yang tidak kompatibel, misalnya menggunakan Android Jelly Bean. Kemungkinan lainnya, Facebook butuh waktu lebih panjang untuk distribusi fitur tersebut, atau sederhananya butuh waktu sampai fitur itu sampai ke semua pengguna. Nah, alternatifnya, sekarang Live Streaming di Facebook sudah bisa digunakan lewat komputer (desktop) :) semoga membantu :)

    ReplyDelete
  7. bagaimana kalau mau live pakai Fp difacebook..??

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top