Advertisement
Menguak Fakta Di Balik Bahaya Duduk Sambil Menyilangkan Kaki Bagi Kesehatan - Pernah mendengar informasi yang mengatakan bahwa duduk sambil menyilangkan kaki, dapat membahayakan kesehatan? Diantaranya menyebutkan bahwa cara duduk tersebut dapat menjadi penyebab seseorang (khususnya wanita) menderita varises, juga menjadi penyebab masalah pada tekanan darah, bahkan dapat menyebabkan kerusakan saraf. 
Menguak Fakta Di Balik Bahaya Duduk Sambil Menyilangkan Kaki Bagi Kesehatan
Duduk Sambil Menyilangkan Kaki
Faktanya, informasi itu tidak sepenuhnya benar, pasalnya berdasarkan pendapat para ahli dan hasil penelitian terbaru tentang dampak negatif atau bahaya duduk sambil menyilangkan kaki bagi kesehatan, terbukti bahwa ada hal yang perlu untuk diperjelas kembali terkait dampak negatif (bahaya) duduk sambil menyilangkan kaki.

Lantas apa dan bagaimana fakta sebenarnya di balik bahaya duduk sambil menyilangkan kaki bagi kesehatan? Nah, guna menjawab pertanyaan tersebut, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba merangkum beberapa fakta berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber (The New York Times, prevention.com, womenshealthmag.com, US National Library of Medicine National Institutes of Health), yang perlu untuk diketahui oleh sahabat pembaca sekalian.

Fakta Di Balik Bahaya Duduk Sambil Menyilangkan Kaki Bagi Kesehatan


Fakta 1: Dikutip dari The New York Times, disebutkan bahwa terdapat lebih dari 12 penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab varises. Hasilnya, kebiasaan duduk sambil menyilangkan kaki disilangkan belum terbukti sebagai salah satu faktor varises.  Sebaliknya, para peneliti justru mendapati temuan bahwa berdiri selama lebih dari delapan jam sehari merupakan faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena varises. 

Fakta 2: Berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, disebutkan bahwa duduk dengan menyilangkan kaki tidak membuat kerusakan serius pada saraf. Hal yang sebenarnya terjadi adalah sensasi yang dirasakan akibat tekanan pada saraf peroneal yang terletak di belakang lutut, dan sensasi tersebut akan hilang dan kembali normal setelah meluruskan kaki kembali.

Fakta 3: Dari sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah US National Library of Medicine National Institutes of Health, menyebutkan bahwa menyilangkan kaki saat duduk berdampak signifikan meningkatkan tekanan darah. Namun tak perlu panik, karena keadaan ini tidak serta merta berbahaya, pasalnya ketika kaki diluruskan kembali, maka tekanan darah akan kembali pula. Disarankan juga untuk melakukan peregangan setiap 15 hingga 20 menit, bila terbiasa duduk dengan menyilangkan kaki dalam waktu lama.

Selain fakta yang telah disebutkan di atas, disebutkan pula bahwa duduk sambil menyilangkan kaki juga dapat memengaruhi postur tubuh seseorang. Namun, catatan penting yang perlu diketahui bahwa Anda tak perlu merasa panik bila memiliki kebiasaan duduk seperti itu, pastikan dengan sering melakukan peregangan setelah duduk sambil menyilangkan kaki, bila perlu lakukan peregangan dengan berbaring atau berjalan.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top