Advertisement
Menguak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Tampilan Foto Profil di Media Sosial Online - Perkembangan dunia teknologi saat ini, mengantarkan manusia pada salah satu fenomena unik, yang berkaitan dengan hubungan sosial serta cara berinteraksi antara tiap individu sehari-hari. Adalah fenomena penggunaan media sosial online seperti halnya Facebook, Twitter, Instagram, Linkedln, hingga media obrolan layaknya BBM dan WhatsApp, dimana kehadirannya mampu memengaruhi perubahan cara berinteraksi dalam menjalin hubungan sosial seseorang.
Menguak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Tampilan Foto Profil di Media Sosial Online
Menguak Kepribadian Seseorang
Berdasarkan Tampilan Foto Profil di Media Sosial Online
Membahas tentang hubungan sosial yang dibangun menggunakan media sosial online, maka hal utama yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum memulai berinteraksi di akun media sosial miliknya adalah, memasang foto profil yang berguna sebagai identitas diri, selain nama, dan informasi lainnya.

Fasilitas yang disediakan oleh hampir semua perusahaan media sosial online untuk menampilkan foto (gambar) profil pemilik akun tersebut, pada perkembangannya saat ini, bukan hanya sebagai identitas pengguna semata, namun mengalami perubahan makna yang terkadang menjadi cara seseorang untuk menunjukkan eksistensi dirinya saat berinteraksi di media sosial. Uniknya tanpa disadari, perubahan makna foto profil tersebut ternyata dapat menjadi petunjuk bagi orang lain untuk mengenali kepribadian atau pun untuk mengetahui keadaan perasaan si pemilik akun media sosial.

Bukan tanpa alasan, mengenali kepribadian atau pun menjadi cara untuk mengetahui keadaan perasaan seseorang melalui foto profil memungkinkan untuk dilakukan, hal ini didasari dengan beberapa hasil penelitian, diantaranya adalah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science di tahun 2014, mengungkapkan bahwa perubahan kecil dalam foto (gambar) seseorang bisa menghasilkan kesan dramatis yang berbeda, dan menghasilkan persepsi sementara tentang orang dalam foto (gambar), dalam hubungannya terhadap ketertarikan atau penolakan. Pada penelitian berbeda, yang dilakukan oleh ilmuwan dari Sonoma State University disebutkan bahwa penampilan seseorang dalam foto (gambar) di media sosial dapat menjadi gambaran penting yang memiliki hubungan, terkait dengan kehidupan profesional dan sosial mereka.


Walaupun bukan perkara yang mudah bagi orang awam untuk mengenali kepribadian atau pun mengetahui keadaan perasaan seseorang melalui foto profil pada akun media sosial online mereka, namun terdapat beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk memudahkan kita untuk melakukan hal tersebut. Dikutip dari beberapa sumber (Phsycology Today dan Livescience) berikut adalah beberapa petunjuk kepribadian atau pun keadaan perasaan seseorang berdasarkan tampilan foto profil-nya di media sosial online.

1. Foto profil dengan wajah tersenyum
Dikutip dari pernyataan Laura Naumann selaku peneliti dari Sonoma State University "untuk menunjukkan diri Anda sebagai individu yang hangat dan ramah, sebaiknya Anda mem-posting gambar di mana Anda tersenyum atau berdiri dalam pose santai." Nah, petunjuk pertama yang bisa disimpulkan adalah seseorang dengan foto profil yang menampilkan wajah yang sedang tersenyum dengan gaya berdiri santai, dapat dicirikan bahwa ia adalah orang yang ramah.

2. Foto profil dengan memamerkan gaya berpakaian yang khas (unik)
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Sonoma State University, disebutkan bahwa seseorang yang menampilkan foto profil dengan gaya berpakaian khas atau unik, dapat mencirikan bahwa orang tersebut memiliki kepribadian supel dan terbuka terhadap pengalaman baru.

3. Foto profil dengan memiringkan kepala sambil tersenyum
Mengutip dari tulisan seorang ahli psikologi Liraz Margalit Ph.D, pada jurnal Pshycology Today, disebutkan bahwa foto seseorang yang menampilkan gaya memiringkan kepala sambil tersenyum, dapat menjadi penanda bahwa orang tersebut memiliki sifat ketergantungan terhadap orang lain.

4. Foto profil bersama keluarga atau anak
Foto profil tersebut dapat mengindikasikan bahwa orang tersebut ingin menunjukkan kedekatannya dengan keluarga dan menunjukan pula bahwa hal penting dalam kehidupannya adalah anak dan keluarganya.

5. Foto profil dengan menampilkan foto pernikahan
Foto profil seperti ini cenderung mengisyaratkan bahwa si pengguna media sosial ingin dilihat oleh semua orang sebagai pribadi yang dewasa dan memiliki visi bergerak maju dalam hidup. Selain itu, orang dengan foto pernikahan juga dapat dimaknai bahwa si pemilik akun tidak membuka diri lagi terhadap hubungan romantis dengan orang lain, dan juga sebagai penegas arti pentingnya pasangan mereka. Umumnya foto profil seperti ini dimiliki oleh mereka yang baru saja menikah.

6. Sering mengubah foto profil dengan foto selfie
Disebutkan bahwa, seseorang yang sering bergonta-ganti foto profil dengan menampilkan foto selfie  atau foto sendiri, ternyata dapat menjadi penanda bahwa si pemilik akun media sosial tersebut mempunyai kepribadian narsis (narsistik).

Nah, demikianlah informasi tentang menguak kepribadian seseorang berdasarkan tampilan foto profil di media sosial online. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top