Advertisement
5 Efek Negatif Penggunaan Smartphone Bagi Kulit Wajah - Era smartphone, dapat dikatakan inilah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan bagaimana pengaruh kehadiran smartphone saat ini. Bahkan dalam perkembangannya, smartphone tak sekedar menjadi alat komunikasi semata, buktinya bagi kalangan tertentu smartphone alias si ponsel pintar, dapat berubah fungsinya menjadi salah satu aksesoris dengan fungsi estetika bagi penggunanya. Walaupun penuh dengan manfaat, namun bukan berarti smartphone tak memiliki efek negatif bagi penggunanya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya hasil penelitian yang berhasil mengungkap efek negatif smartphone, khususnya terhadap kesehatan penggunanya.
5 Efek Negatif Penggunaan Smartphone Bagi Kulit Wajah
5 Efek Negatif Penggunaan Smartphone Bagi Kulit Wajah
Baca juga: Waspada! Ternyata Laptop dan Smartphone Lebih Berpotensi Merusak Kulit

Berkaitan dengan efek negatif penggunaan smartphone bagi kesehatan, ternyata kulit juga menjadi salah satu bagian tubuh pengguna alat eletronik ini. Berdasarkan informasi yang dikutip dari The FashionSpot, seorang ahli dermatologi terkemuka, Dr. Paul Jarrod Frank, memaparkan beberapa efek negatif yang mengancam kulit pengguna smartphone. Apa saja efek negatif tersebut? Ikuti informasi selengkapnya berikut ini.

1. Memicu munculnya jerawat di area Phone Zone
Phone zone merupakan area pada kulit wajah yang paling sering terkena langsung dengan permukaan smartphone, yaitu di area sekitar pelipis hingga dagu. Nah, akibat dari penggunaan smartphone khususnya bila sering menerima panggilan secara langsung, ditambah lagi dengan kebiasaan jarang membersihkan smartphone, dapat memicu munculnya jerawat pada phone zone tersebut.

2. Mengakibatkan munculnya lipatan kulit di bagian bawah dagu
Salah satu efek negatif penggunaan smartphone pada kulit, khususnya di sekitar wajah adalah mengendurnya bagian kulit di bawah dagu sebagai akibat dari kebiasaan menunduk saat menatap layar smartphone (text neck), dan berujung munculnya lipatan kulit, yang lebih sering disebut dengan double chin.

3. Menjadi penyebab munculnya Crows Feet
Efek negatif lain dari penggunaan smartphone bagi kulit wajah adalah menjadi salah satu penyebab munculnya crows feet, yaitu kerutan kulit disekitar ujung mata. Keadaan tersebut muncul akibat kebiasaan menyipitkan mata saat menatap layar smarphone, seperti saat membaca pesan singkat atau pun saat melakukan akfititas lainnya yang mengharuskan pengguna untuk menatap layar smartphone pada waktu lama.

4. Menjadi penyebab munculnya Bunny lines
Apa itu bunny lines? Diartikan sebagai garis kerutan yang terlihat diantara bagian atas hidung dan bagian bawah dahi, atau berada tepat di bagian tengah antara hidung dan mata. Nah, seringnya penggunaan smartphone dapat pula menjadi alasan penyebab munculnya garis kerutan tersebut.

5. Memperbesar pori dan perubahan warna kulit wajah
Masalah lain yang muncul akibat penggunaan smartphone dalam waktu lama adalah memperbesar pori wajah, bukan itu saja bahkan dalam beberapa kasus tertentu dapat memicu terjadinya perubahan warna kulit (pigmentasi) pada wajah.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang lima efek negatif penggunaan smartphone bagi kulit wajah. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top