Advertisement
Pesan Lain Dari Munculnya Jerawat Pada Wajah, Serta Cara Mengatasinya - Siapa yang tak mengenal jerawat? Masalah pada kulit yang hampir-hampir pernah dialami oleh semua orang di dunia ini, pastinya sudah tak asing lagi bagi kita. Umumnya, kebanyakan orang berpikir jerawat hanya disebabkan karena si penderita malas (jarang) membersihkan wajahnya, namun faktanya kemunculan jerawat juga disebabkan oleh faktor lain, seperti masalah hormonal.
Pesan Lain Dari Munculnya Jerawat Pada Wajah, Serta Cara Mengatasinya
Pesan Lain Dari Munculnya Jerawat Pada Wajah, Serta Cara Mengatasinya
Membahas lebih jauh tentang jerawat, ternyata masalah kulit yang satu ini, termasuk salah satu cara tubuh untuk berkomunikasi menyampaikan pesan, perihal gangguan internal yang biasanya tak disadari. Dilansir dari situs kesehatan mindbodygreen.com, disebutkan terdapat beberapa indikasi gangguan pada tubuh yang dapat dideteksi melalui kemunculan jerawat serta cara mengatasinya. Apa saja pesan lain dari hadirnya jerawat pada wajah tersebut? Dan bagaimana solusi untuk mengatasinya? Berikut informasi selengkapnya. (Baca juga: Tips Mengenal 4 Jenis Makanan Anti Jerawat)

1. Jerawat Biasa di dahi dengan penyebaran yang padat
» Pola kemunculan: Banyak ruam seperti benjolan kecil pada dahi, dan jerawat ini termasuk dalam jenis jerawat biasa yang muncul dengan atau tanpa komedo. Selain itu, kemunculannya biasanya tak terlalu terlihat, namun benjolan-benjolan kecil tersebut akan terasa bila disentuh.

» Pesan: Jerawat di dahi sering menunjukkan terlalu banyak stres atau penanda seseorang sedang mengalami peningkatan stres ataupun kecemasan. Selain itu kemunculan jenis jerawat dengan pola ini juga dapat menunjukkan dehidrasi ataupun sembelit.

» Cara mengatasi: Bila Anda mengalami kemunculan jerawat seperti ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan banyak meminum air putih. Namun, bila penyebab utama dikarenakan stres maka cobalah untuk mengatasinya dengan berolahraga, meditasi atau melakukan hal-hal yang dapat menurunkan stres dan kecemasan.

2. Jerawat Batu
» Pola kemunculan: Biasanya jerawat batu (cystic acne) muncu di sekitar rahang atau dagu, serta di pipi. Jerawat dengan bentuk besar di bawah kulit ini, terkadang sakit bila disentuh. Selain itu jerawat batu dapat membutuhkan waktu cukup panjang dalam penyembuhannya, bahkan hingga berminggu-minggu.

» Pesan: Jerawat jenis ini menunjukkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat disebabkan oleh beberapa gangguan hormonal diantaranya seperti, gangguan pada hormon estrogen dan androgen, Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), kelelahan adrenal, dan resistensi insulin. Akan tetapi, jika jerawat batu ini muncul dibagian bawah rahang, dan telinga bagian belakang hingga leher, dimana pada bagian tersebut merupakan tempat beberapa kelenjar getah bening kranial terbesar berada, maka bisa jadi kemunculan jerawat ini menunjukkan beberapa stagnasi limfatik dan stagnasi  yang terkait dengan detoksifikasi pada hati.

» Cara mengatasi: Dikarenakan jenis jerawat ini muncul akibat gangguan hormonal, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pola konsumsi terhadap makanan dan minuman, seperti mengurangi kadar gula pada makanan, mengurangi kafein serta makanan olahan. Selain itu, tidur dan olahraga juga berperan penting untuk menghindari kemunculan jerawat batu, hal ini dikarenakan tidur yang cukup dapat membantu tubuh dalamp proses detoksifikasi secara alami.

3. Jerawat di sekitar mulut dan hidung
» Pola kemunculan: Jerawat iyang tumbuh di sekitar mulut dan hidung ini sangat mengganggu. Umumnya jerawat jenis ini memiliki warna merah akibat terjadinya peradangan, selain itu disertai pula komedo berwarna putih.

» Pesan: Munculnya jerawat seperti ini, bisa jadi pesan tubuh untuk menunjukkan peradangan pada area pencernaan, gangguan aktivitas pada perut atau kepekaan terhadap makanan.

» Cara mengatasi: Sebelumnya pastikan terlebih dahulu gangguan yang terjadi, namun salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menangani gangguan pada pencernaan, Anda dapat mengonsumsi satu sendok teh cuka apel sebelum makan. Cara lainnya yang patut dicoba adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik serta sayuran hijau.

Nah, demikianlah informasi singkat tentang Pesan Lain Dari Munculnya Jerawat Pada Wajah, Serta Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Sangat bermanfaat gan !
    Tapi sayang jerawat saya gk hilang*

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top