Advertisement
Tips Mengenali Diri, Untuk Perubahan Positif Dalam Hidup - Salam jumpa Sahabat SpesialTips! sekalian. Pernahkah Anda merasa bahwa diri Anda penuh dengan kekurangan? Atau berpikir bahwa hidup anda penuh dengan kesalahan dan kegagalan? Tak jarang sebagai manusia, kita pasti akan mengalami keadaan dimana rasa percaya diri yang dimiliki terjun bebas ke titik nol. Rasa pesimis terkait dengan kemampuan diri, sebenarnya adalah hal yang lumrah dan sah-sah saja. Namun terkadang tidak mudah untuk seseorang dapat kembali bangkit, dan move on dari jebakan pesimis tersebut.

Mengenali Diri Untuk Perubahan Positif
Tips Mengenali Diri, Untuk Perubahan Positif Dalam Hidup
Salah satu cara memotivasi diri, agar kita mampu berubah untuk jadi lebih optimis dalam menjalani hidup adalah dengan mengenali diri. Kenapa cara tersebut dapat membantu? Jawabannya cukup sederhana, dengan mengenali diri, maka setiap individu akan mampu untuk menyadari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, dan secara otomatis orang tersebut akan lebih mudah, dalam membuat rencana-rencana perubahan yang positif dan terukur di dalam hidupnya.

Walaupun terlihat sederhana, namun mengenali diri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, hal tersebut dikarenakan tak semua orang orang memiliki kemampuan yang sama dalam menganalisis dan memaknai setiap kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Lantas apa saja panduan untuk mengenali diri, sehingga dapat mengubah hidup menjadi lebih optimis?  Berikut beberapa panduan untuk Anda:
  • Buatlah (tulis) daftar kecil hal-hal yang berkaitan dengan sifat anda, pisahkan antara sifat yang bersifat positif dan negatif. Hal ini berguna untuk mencirikan diri Anda, apakah memiliki kecenderungan bersifat positif atau negatif. Bila Anda kesulitan menuliskannya secara langsung, buatlah beberapa rekaan kejadian yang menurut anda dapat memunculkan kepribadian anda.
  • Sharing dengan orang yang menurut anda dapat menjadi panutan, atau model yang ideal dalam menemukan (mengenali diri Anda). Tentunya teman sharing Anda tersebut harus memiliki keterbukaan dan kejujuran dalam menyampaikan setiap hal-hal yang berhubungan dengan Anda.
  • Lebih jujur terhadap diri sendiri. Hampir setiap orang pernah melakukan usaha pembenaran terhadap kesalahan yang pernah dibuatnya. Entah karena alasan tak ingin dianggap sebelah mata atau dicemooh oleh orang lain, apalagi bila orang tersebut berada dalam posisi (jabatan) yang lebih baik, bukannya mencoba untuk memperbaikinya, justru ia berusaha membuat atau membangun opini orang disekitarnya untuk membenarkan perbuatannya. Bila Anda salah satu orang yang kerap melakukan hal tersebut, mulailah untuk lebih jujur terhadap diri Anda sendiri, karena dengan cara ini perubahan positif  yang Anda inginkan dapat tercapai.
  • Perbanyak introspeksi diri, dengan membuat review tentang hal apa saja yang telah Anda lakukan setiap harinya. Cara ini cukup ampuh untuk mengenali diri anda, sehingga perubahan positif yang terukur dapat tercipta.
Sejatinya, proses mengenal diri bersifat kontinyu dan harus dilakukan setiap hari. Dengan begitu, dapat Anda buktikan sendiri keajaiban-keajaiban apa yang akan ditemui. Diantaranya adalah rasa optimis dalam menjalani hidup dan mampu memaknai hidup, dengan selalu termotivasi untuk perubahan yang lebih baik. 
 
Sebagai tambahan, tips kali ini tak bermaksud untuk menggurui sahabat SpesialTips! sekalian,  akan tetapi semata-mata sebagai tambahan informasi, guna saling berbagi pengalaman positif terhadap sesama. Demikian tips singkat Mengenali Diri, Untuk Perubahan Positif Dalam Hidup, dan tetap semangat!
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Nah ini dia gan sangat penting sifat positif.
    terkadang kita bingung antara positif dan negatif, bingung untuk ngelakuionnya,
    tips diatas semoga bisa merubah sifat kita menjadi positif :D

    ReplyDelete
  2. izin menyimak dulu mas hehehe

    ReplyDelete
  3. sudah saya terapkan mas
    dan saya mengalami perubahan ..
    meskipun perlu waktu juga :-)

    ReplyDelete
  4. keren nih gan ,,, tapi saya jujur tidak mudah untuk melakukan itu semua :D

    ReplyDelete
  5. mengenal diri sulit juga ya bro, tapi tips anda sangat menginspirasi untuk terus semangat berusaha mengenal diri

    ReplyDelete
  6. Mantep gan, keren artikelnya 8-)
    Apalagi yang buat mengenali diri untuk perubahan :>)

    ReplyDelete
  7. x-) wowww.... ayo lebih jujur pada diri sendiri :D

    ReplyDelete
  8. Keren semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin...
    Terima kasih gan tulisan yg sangat berbobot untuk internal..
    Pikiran positif makananku sehari". Horeee

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top