Advertisement
Tips Tingkatkan Motivasi Diri Dengan Mengubah Makna Kegagalan - Salam jumpa sahabat SpesialTips! sekalian. Kali ini kita akan membahas tentang motivasi diri dan bagaimana cara meningkatkannya agar anda menjadi lebih baik dengan "strategi" unik, yaitu mengubah definisi kegagalan anda.
Sebelum mengkaji lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu apa itu motivasi? Mengutip salah satu media informasi wikipedia.org, motivasi diartikan sebagai proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya (Mitchell, T. R, 1997). Masih dalam media yang sama, motivasi memiliki makna yang makin berkembang dan umumnya diartikan sebagai semangat, oleh khalayak umum. Sedangkan berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi diartikan dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar, atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.
Kegagalan
Kegagalan
Bagaimana? Anda telah paham arti motivasi? Atau justru anda merasa sedikit jenuh dengan pengertian-pengertian di atas? Baiklah langsung saja ke pokok pembahasan kita, tentang meningkatkan motivasi diri, dengan mengubah makna kegagalan.

Banyak hal yang dapat menjadi tolak ukur kegagalan, tergantung tiap individu (orang) memaknai standar di mana ia merasa gagal. contohnya, untuk beberapa orang menganggap tak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan studi yang telah dijalani sebagai kegagalan, contoh lainnya ialah dipecat dari pekerjaan dimaknai pula sebagai kegagalan. Akibatnya motivasi diri anjlok, dan "jatuh" ke dasar tingkat ke-pedean paling rendah. Jangankan untuk bangkit dan kembali berusaha, justru hal yang dianggap kegagalan tersebut, mampu mengubah pribadi seseorang menjadi mudah menyerah, selalu pesimis bahkan depresi yang berkepanjangan.

Lantas apa hubungannya mengubah makna kegagalan, dengan meningkatnya motivasi diri? Jawabannya sederhana, memaknai atau mengartikan kegagalan, dapat mempengaruhi cara dan sudut pandang kita untuk menambah motivasi diri dalam berusaha mencapai tujuan. Dengan kata lain, kita "memanipulasi" secara positif, nilai kegagalan agar mampu meningkatkan motivasi dalam diri.

Bagaimana cara mengubah makna kegagalan agar dapat meningkatkan motivasi diri? Berikut adalah contoh makna (arti) kegagalan secara positif, yang dapat anda adaptasi dalam kehidupan anda sehari-hari.

# Kegagalan Adalah Keberhasilan Yang Tertunda.
Entah siapa dan kapan pertama kali ungkapan "Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda" muncul. Namun yang pasti, ungkapan cukup populer di masyarakat. Mungkin untuk beberapa orang, memaknai kegagalan seperti ungkapan tersebut sudah "kuno" atau "basi". Akan tetapi dengan mengadopsi makna kegagalan anda sebagai keberhasilan yang tertunda, sesungguhnya dapat menambah motivasi diri dan membesarkan hati anda untuk tidak jauh tenggelam, dalam emosi yang berlebihan saat menjumpai kejadian atau perasaan yang anda anggap sebagai suatu kegagalan.

# Kegagalan Bukan Akhir Segalanya. 
Salah satu cara terbaik membangkitkan motivasi diri adalah, memaknai kegagalan bukan akhir dari segalanya. Pernahkah anda mendengar atau melihat seseorang yang bunuh diri karena ditinggalkan kekasih atau pasangannya? atau mungkin menjadi gila? Saat anda sedang menghadapi kejadian atau perasaan dimana tujuan anda tak tercapai, rasa sedih atau bahkan frustasi akan hadir dan hal ini tak dapat ditolak, dengan memaknai kegagalan bukan akhir segalanya, akan memotivasi anda untuk bangkit dari kesedihan, dan tentunya akan menambah rasa percaya diri.

# Life Must Go On, so don't be BLO'ON.
Sedikit nyeleneh, tapi efektif untuk membangkitkan motivasi anda. Masih berkaitan erat dengan contoh sebelumnya, memaknai kegagalan sebagai bagian hidup yang pasti akan dijumpai oleh setiap orang di dunia. Anggaplah kegagalan bukan merupakan hambatan, yang membuat anda kehilangan semangat melanjutkan usaha untuk mencapai kesuksesan, dengan begitu anda telah menambah motivasi dalam diri anda.

# Kegagalan Itu "Hoax".
Contoh terakhir memaknai kegagalan yaitu menganggap kegagalan itu tak ada. Menanamkan dalam diri bahwa hidup anda adalah tahapan-tahapan rangkaian kesuksesan, maka pastinya tak ada lagi rasa gagal. Dengan catatan jangan cepat puas dan bukan untuk alasan membenarkan diri dalam kemalasan untuk berusaha mencapai tujuan.

Bagaimana? apakah anda akan menggunakan salah satu contoh makna kegagalan di atas? atau anda telah menemukan sendiri, makna kegagalan yang tepat untuk meningkatkan motivasi diri anda? Selamat mencoba dan tetap semangat! Semoga informasi singkat Tips Tingkatkan Motivasi Diri Dengan Mengubah Makna Kegagalan, dapat bermanfaat untuk pembaca setia SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Ini gan yang bagus, skrg bnyak org yg putus asa gara2 kegagalan, pdhal itu hnya ksukssan yg tertunda.

    ReplyDelete
  2. jujur sebenernya sulit melakukan hal yang di tuliskan di atas,,.
    tapi kalo gak mau mencoba juga gak bakal tahu kebenaranya

    nice info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :>) masing2 orang punya keterbatasan... selamat mencoba :)

      Delete
  3. memotivasi diri adalah salah satu bentuk moveon yang wajib dilakukan gan, orang yang tidak bisa memotivasi diri dengan selalu berfikiran positif tidak akan terbebas dari masa lalunya. meskipun terkadang sulot tapi harus tetap diusahakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. (h) komen favorit ane... bener banget gan...setuju 100% ma ente

      Delete
  4. Klo ane sih Motivasi paling besar itu datang dari nasehat orang tua gan,, :)

    ReplyDelete
  5. bagus nih gan artikel'a, memang KEGAGALAN bukanlah akhir dari segalanya, tapi AWAL dari sesuatu
    kita kan ga tau apa yang ada dibalik kegagalan itu, Tuhan punya Rencana tersendiri dibalik itu :D

    ReplyDelete
  6. makasih banget gan atas artikelnya, kalo gini jadi semangat dari masalah berat

    ReplyDelete
  7. enak nh gan buat perbaiki diri gan setelah terjatuh :) thanks nih gan motivasi nya :)

    ReplyDelete
  8. Untuk semua yang udah berkomentar, terimakasih mau membaca artikel sederhana ini... tetap semangat!!

    ReplyDelete
  9. Terimakasih gan infonya .., sayaa jadi memiliki sebuah inisiatif untuk mengubah sikapku ini ..
    hehhe :D

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top