Advertisement
Aplikasi Google Go, Mesin Pencari Ringan dan Hemat Kuota Internet - Menjelang akhir tahun 2017 Google merilis beberapa layanan dan aplikasi Android baru bernuansa ringan dan hemat pemakaian data internet.
Google Go, Aplikasi Mesin Pencari Ringan dan Hemat Kuota Internet
Aplikasi Google Go
Setelah sebelumnya hadir aplikasi YouTube Go yang disebut-sebut sebagai aplikasi "pawang kuota" karena mampu menghemat lebih banyak kuota data internet, maka kini Google menghadirkan aplikasi mesin pencari ringan dan lagi-lagi lebih irit kuota data internet untuk Android bernama Google Go.

Dirangkum dari berbagai sumber (Mashable, The Verge dan Tech Crunch), diketahui bila kehadiran aplikasi mesin pencari Google Go dilatarbelakangi pertimbangan potensi pasar pengguna smartphone sederhana di India dan Afrika yang cukup besar. Dorongan lainnya inovasi aplikasi Google Go, juga dikarenakan kualitas jaringan internet yang kurang stabil di negara tersebut.

Apa Itu Aplikasi Google Go?
Google Go adalah aplikasi mesin pencari Google yang ringan dan hemat kuota data internet. Berdasarkan hasil penelusuran redaksi Spesial Tips di layanan Google Play Store, diketahui bila aplikasi Google Go memiliki ukuran data unduhan hanya sebesar 3.71MB.

Fitur Unggulan Aplikasi Google Go
Adapun beberapa fitur unggulan aplikasi mesin pencari Google Go, adalah:
  • Penggunaan memori smartphone lebih rendah, yaitu sekitar 5 MB
  • Hemat pemakaian kuota data internet hingga 40 persen
  • Memuat hasil pencarian lebih cepat, sekalipun menggunakan perangkat dengan spesifikasi sederhana dan dengan sarana jaringan internet yang lambat
  • Mendukung pencarian berbasis perintah suara

Sementara itu, dari hasil uji coba redaksi Spesial Tips ketika menggunakan aplikasi Google Go, didapati tampilan aplikasi yang terlihat simple, dengan tombol kategori pencarian yang terpisah sesuai dengan kategori yang diinginkan. Di bagian bawah baris tombol pencarian, dijumpai beberapa tombol alses cepat aplikasi sosial media dan aplikasi lainnya yang terpasang pada smartphone.
Tampilan Aplikasi Google Go
Tampilan Aplikasi Google Go
Agar dapat menghemat lebih banyak pemakaian kuota data internet saat browsing, kita perlu mengaktifkan terlebih dahulu pengaturan penggunaan data, caranya dengan mengakses pilihan SettingsData Usage > Geser tombol pengaturan use light web pages menjadi ON
Fitur Unggulan Aplikasi Google Go
Fitur Unggulan Aplikasi Google Go
Nah, Penasaran untuk menjajal aplikasi mesin pencari Google Go? Mulai kini Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi Google Go dari halaman resmi Google Play Store. Sebagai informasi tambahan aplikasi Google Go hanya kompatibel dengan smartphone kelas menengah ke bawah, pasalnya dari beberapa sumber disebutkan aplikasi ini tak bisa dipasang pada smartphone jenis Samsung S8 dan Google Pixel 2.

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan seputar aplikasi Google Go. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top