Advertisement
Fitur Baru Gmail, Otomatis Ubah Alamat dan Nomor Telepon Di Dalam Email Menjadi Hyperlink - Layanan surat elektronik Google alias Gmail baru-baru ini telah merilis sebuah fitur baru yang mampu mengubah alamat sebuah lokasi, alamat email dan nomor telepon otomatis menjadi hyperlink atau yang dikenal pula dengan sebutan link (tautan).
Fitur Baru Gmail Ubah Alamat dan Nomor Telepon Di Dalam Email Menjadi Hyperlink
Fitur Baru Gmail
Apa fungsi dari fitur baru Gmail tersebut? Berdasarkan informasi yang dikutip dari penjelasan Google dalam halaman resminya, diketahui bahwa fitur baru Gmail ini berfungsi mendeteksi informasi alamat dan nomor telepon yang tertera di dalam sebuah email, dan secara otomatis menambahkan tautan (hyperlink). 

Lebih jauh diungkapkan, hyperlink yang tersemat pada alamat yang tertera di dalam email akan mengarahkan dan memunculkan informasi alamat yang dimaksud ke layanan Google Maps (Peta Google) ketika diakses oleh pengguna. Sementara itu, hyperlink yang disematkan pada nomor telepon memiliki fungsi membuat panggilan telepon secara otomatis, ketika diakses oleh pengguna melalui ponsel.

Contoh tampilan fitur baru Gmail
Contoh tampilan fitur baru Gmail
Melihat fungsi dari fitur baru Gmail yang disebutkan di atas, maka pengirim email tak perlu lagi repot-repot untuk menyisipkan tautan peta lokasi alamat yang ingin disampaikan kepada penerima. Sementara bagi penerima, mereka bisa lebih mudah mengakses informasi alamat dalam bentuk peta Google, tanpa harus menyalin dan menempelkan data alamat ke layanan Google Maps. Demikian pula ketika ingin melakukan panggilan dari nomor telepon, cukup dengan satu tap maka secara otomatis ponsel penerima langsung membuat panggilan keluar.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa menggunakan fitur baru tersebut? Sangat mudah, cukup perbarui (update) aplikasi Gmail yang terpasang di dalam ponsel Anda, sementara proses penyematan hyperlink akan dilakukan secara otomatis oleh Gmail. Perlu diketahui pula bila fitur baru ini juga bisa dinikmati oleh pengguna layanan Inbox by Gmail, baik di ponsel Android maupun iOS. Sebagai informasi tambahan, berdasarkan penelusuran SpesialTips fitur ini belum tampil di layanan Gmail yang diakses melalui komputer.

Baca Juga: Mudahkan Pengguna Android dan iOS Balas Email, Gmail Hadirkan Fitur "Smart Reply"

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips bagikan tentang fitur terbaru Gmail yang mampu mengubah alamat sebuah lokasi, alamat email dan nomor telepon otomatis menjadi hyperlink. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top