Advertisement
Mengapa Kita Tak Dapat Mencium Bau di Dalam Rumah Sendiri? Begini Penjelasan Ilmiahnya - Semua tempat tinggal alias rumah pasti memiliki bau yang khas, diantaranya ada yang wangi layaknya aroma bunga atau buah, atau ketika masuk ke dalam rumah tertentu justru bau sedikit 'aneh' alias tak sedap yang tercium. Uniknya, bau dari aroma yang dirasakan oleh orang lain, hampir dapat dipastikan tak bisa tercium dan dirasakan oleh kita sendiri sebagai pemilik rumah.
Alasan Ilmiah Mengapa Kita Tak Dapat Mencium Bau di Dalam Rumah Sendiri
Alasan Ilmiah Mengapa Kita Tak Dapat Mencium Bau
di Dalam Rumah Sendiri
Pertanyaannya, mengapa keadaan itu bisa terjadi? Apakah gangguan pada indera penciuman kitakah? Atau memang bau di dalam rumah yang benar-benar berubah? Nah, berhubungan dengan masalah tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang penjelasan ilmiah yang menguak alasan mengapa kita tak dapat mencium bau di dalam rumah kita sendiri.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Science of Us, terdapat sebuah ungkapan dalam istilah bahasa inggris, untuk mengungkapkan ketidakmampuan seseorang untuk merasakan (mencium) bau dari benda dan ruangan pribadi mereka sendiri, yaitu Noseblind.

Dijelaskan oleh seorang  Dr. Pamela Dalton, selaku ahli psikologi kognitif ternama dari institut non profit Monell Chemical Senses, alasan mengapa kita tak dapat mencium bau di dalam rumah sendiri (noseblind), dikarenakan sinyal ke otak dari reseptor penerima bau pada hidung, telah terbiasa mendapati molekul bau yang sama. Hal ini mengakibatkan, adaptasi pada reseptor hidung, hingga otak akan mengolah informasi bau berulang itu, sebagai keadaan yang aman dan tidak mengancam, dan akhirnya membuat bau dari aroma di dalam rumah seakan-akan hilang dan tak dapat tercium lagi.

Walaupun noseblind sering dialami oleh kebanyakan orang, namun para ilmuwan sendiri belum mengetahui secara pasti mengapa hidung dapat melakukan adaptasi terhadap bau. Namun, kemampuan reseptor hidung yang sangat kompleks, mampu memberikan keuntungan bagi manusia, khususnya sebagai tanda bahaya atau alarm alami untuk mendeteksi hal-hal yang mengancam, seperti bau busuk pada bangkai.

Lantas, apakah kita bisa kembali mengenali bau yang sama di dalam rumah? Disebutkan lebih jauh oleh Dr. Pamela Dalton, akan cukup sulit sekali bagi kita, untuk dapat mengembalikan kemampuan tersebut. Namun, kita bisa menggunakan cara seperti pada contoh yang telah dikemukakan pada contoh kasus di atas, untuk mengenali bau di dalam rumah sebenarnya, yaitu dengan bepergian keluar rumah dalam jangka waktu tertentu, untuk membiasakan hidung pada bau yang berbeda. Selain itu peningkatan aliran darah, juga diperkirakan dapat memengaruhi kemampuan adaptasi bau di dalam rumah pada hidung, tentunya sembari mengalihkan adaptasi bau di dalam rumah dengan bau-bauan lainnya.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga saja, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Maksudnya, bau rumah kosong atau bagaimana? Soalnya, ada banyak asal bau di dalam rumah. Bisa bau apak baju kotor, bau kecoak, bau bangkai cicak kejepit, bau gas, dll.

    ReplyDelete
  2. Bau atau aroma di dalam rumah yang dimaksud bisa saja disebabkan karena beberapa hal yang disebutkan oleh mbak izzah. Namun, secara umum masing-masing rumah memiliki bau (aroma) yang khas, dimana bau itu terkadang atau bahkan tak pernah bisa dicium oleh si pemilik rumah sendiri karena alasan yang telah dijelaskan di atas. :)

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top