Advertisement
Enam Fakta Unik Tentang Rasa Sakit yang Jarang Diketahui - Apa yang Anda rasakan saat telapak kaki Anda tertusuk paku? Ya, tentunya hal pertama yang akan disebutkan untuk menjawab pertanyaan tersebut, adalah rasa sakit. Mungkin bukan hal aneh lagi, bila disebutkan hampir semua orang di dunia pernah mengalami rasa sakit. Namun, tahukah Anda terdapat fakta unik yang menyebutkan bahwa diantara kita, ternyata ada orang-orang yang tak bisa merasakan rasa sakit?
Enam Fakta Unik Tentang Rasa Sakit yang Jarang Diketahui
Enam Fakta Unik Tentang Rasa Sakit yang Jarang Diketahui
Membahas lebih jauh tentang rasa sakit, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari rasa sakit yang pernah kita rasakan. Berdasarkan informasi yang dikutip dari wikipedia, rasa sakit adalah pengalaman emosional dan sensori tidak menyenangkan yang cenderung diakibatkan karena adanya rangsangan secara intens atau merusak. Misalnya saja, pada saat seseorang mengalami tertusuk jarum, kulit terbakar api, atau ketika jari kaki terantuk batu.

Nah, kembali ke pokok pembahasan kita, tentang beberapa fakta unik tentang rasa sakit, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, setidaknya terdapat enam fakta rasa sakit yang mungkin tak pernah Anda ketahui sebelumnya. Apa dan bagaimana fakta unik dibalik rasa sakit tersebut? Simak lebih lanjut ulasan selengkapnya berikut ini.

Fakta 1: Otak bekerja menafsirkan rasa sakit, namun tak bisa benar-benar merasakan rasa sakit
Ketika seseorang mengalami salah satu jari tangannya tertusuk jarum, maka jaringan saraf akan mengirimkan sinyal ke otak, yang selanjutnya akan ditafsirkan oleh otak sebagai rasa sakit. Namun, keadaan ini akan menjadi berbeda pada saat otak yang mengalami sinyal serupa dengan sinyal tangan yang tertusuk jarum tadi, otak justru tak bisa benar-benar merasakan rasa sakit, karena tak ada tempat pada otak yang bisa untuk memproses sinyal tersebut. Itulah sebabnya, tak jarang terdapat pasien yang tetap terjaga dan tak merasakan rasa sakit, ketika melakukan operasi otak.

Fakta 2: Tiap orang memiliki toleransi terhadap rasa sakit yang berbeda
Sering didapati diantara kita terkadang merasakan rasa sakit teramat sangat ketika lengan mereka dicubit, akan tetapi beberapa orang lainnya terkadang merasa cubitan tersebut tidaklah terlalu sakit. Mengapa bisa seperti demikian? Berdasarkan informasi yang didapat, ternyata tiap orang memiliki toleransi terhadap rasa sakit yang berbeda, hal ini dapat disebabkan karena beberap faktor, diantaranya adalah perubahan struktural dan kimia di dalam otak, tingkat peradangan di dalam tubuh, dan kepercayaan/keyakinan seseorang terhadap rasa sakit dari pengalaman sebelumnya hingga membuat reaksi emosional yang berbeda.

Fakta 3: Rasa sakit dapat di kontrol dengan pikiran kita
Mungkin Anda sedikit ragu bila dikatakan bahwa seseorang dapat merasakan rasa sakit dengan kekuatan pikirannya. Tapi faktanya, telah banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa melalui meditasi dan terapi perilaku kognitif khusus yang terfokus pada pikiran dan keyakinan, dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Fakta 4: Perhatian dapat berpengaruh untuk mengalihkan rasa sakit
Mungkin diantara para pembaca SpesialTips! ada yang pernah mengalami kejadian dimana salah satu anggota tubuh terantuk ujung meja, dan tiba-tiba saja mencoba menggosok-gosok bagian tubuh tersebut dengan, agar rasa sakit lebih cepat hilang? Ya, ternyata perhatian kita terhadap hal lain dapat mengalihkan rasa sakit tersebut. Disebutkan oleh para ilmuwan, sepanjang berada dalam satu garis atau area yang sama, perhatian atau fokus pada rangsangan yang berbeda dapat mengalihkan sensasi rasa sakit.

Fakta 5: Wanita akan menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit ketika mengalami fase 'bulanan'
Hasil studi para ilmuwan mendapati bahwa ternyata wanita akan merasakan sensasi rasa sakit menjadi lebih tinggi ketika memasuki fase 'bulanan' mereka.

Fakta 6: Terdapat kondisi genetik yang bisa membuat seseorang tak bisa merasakan rasa sakit.
Walaupun sangat jarang terjadi, akan tetapi berdasarkan penelitian terdapat setidaknya lebih dari 10 kasus di dunia yang melaporkan bahwa kondisi genetik tertentu bisa membuat seseorang tak bisa merasakan rasa sakit. Walaupun terdengar hebat dan mengagumkan, namun nyatanya keadaan tersebut dapat sangat berbahaya. Pasalnya, rasa sakit merupakan tanda peringatan dari tubuh, tanpa merasakan sakit maka risiko seseorang untuk menderita cidera yang lebih berat semakin bertambah.

Nah, demikianlah informasi tentang beberapa fakta unik yang berhubungan dengan rasa sakit. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top