Advertisement
Mengenal Penyakit Katup Jantung, Penyebab, dan Gejalanya - Jantung merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting, dengan fungsi utama untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Guna mendukung fungsi jantung tersebut, terdapat pula beberapa bagian jantung yang juga memiliki peran penting, salah satunya adalah katup jantung, yang berfungsi sebagai penjaga stabilitas aliran darah.
Mengenal Penyakit Katup Jantung, Penyebab, dan Gejalanya
Mengenal Penyakit Katup Jantung, Penyebab, dan Gejalanya
Sebelum membahas lebih jauh, tentang penyakit katup jantung, perlu diketahui bahwa di dalam jantung terdapat empat katup jantung, dengan nama dan letak yang berbeda pula, yaitu: Katup Trikuspid, Katup Mitral, Katup Pulmonal, dan Katup Aorta. Satu saja katup jantung mengalami masalah atau gangguan pada fungsinya, seperti terhambatnya aliran darah ke bagian-bagian lain di dalam jantung, maka dapat mengakibatkan terjadinya penyakit katup jantung. Hal paling mengerikan dari dampak penyakit katup jantung, bisa berujung pula pada terjadinya serangan jantung.

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, diketahui bahwa penyebab terjadinya penyakit katup jantung bisa disebabkan karena dua gangguan utama, yaitu kerja katup yang terganggu karena tidak dapat terbuka dengan baik (stenosis) dan kebocoran pada katup jantung (insufisiensi). Selain kedua gangguan tersebut, penyakit katup jantung juga bisa disebabkan karena beberapa hal lainnya, seperti:
  • Dampak penyakit lain yang diderita seseorang, diantaranya adalah tekanan darah tinggi, dan tumor.
  • Dampak gangguan bawaan pada jantung, seperti bentuk dan ukuran katup yang tidak normal.
  • Infeksi bakteri pada katup jantung yang mengakibatkan terjadinya peradangan.
  • Lubang pada katup jantung pada katup jantung yang disebabkan oleh bakteri.
Perlu diketahui pula, bahwa penyebab terjadinya penyakit katup jantung akibat lubang yang disebabkan oleh bakteri, biasanya terjadi pada mereka yang pernah melakukan operasi, pemeriksaan gigi, dan kesalahan penggunaan obat melalui suntikan.

Setelah mengetahui selain penyebab penyakit katup jantung, informasi yang sangat penting untuk kita ketahui adalah gejala penyakit tersebut. Adapun beberapa gejala yang ditunjukkan oleh tubuh seseorang, bila mengalami penyakit katup jantung adalah:
  • Sesak napas
  • Demam
  • Pusing
  • Mudah mengalami kelelahan
  • Detak jantung tidak normal
  • Berat badan bertambah dengan cepat
  • Terjadi pembengkakan, khususnya pada bagian kaki (pergelangan) dan limpa yang ditunjukkan dengan membesarnya perut
  • Munculnya ruam dan bintik-bintik pada kulit
Lantas, bagaimana cara menghindari penyakit katup jantung? Tentu saja, menerapkan pola hidup sehat menjadi syarat utama yang dapat membantu kita terhindar dari penyakit katup jantung. Namun, bila terdapat diantara para pembaca yang telah merasakan gejala-gejala seperti yang telah dijelaskan di atas, disarankan agar sedini mungkin berkonsultasi kepada dokter.


Demikianlah infomasi tentang penyakit katup jantung yang perlu untuk kita ketahui. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian. 
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top