Advertisement
Delapan Alasan Menakjubkan Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria - Bukan rahasia lagi bila menyebutkan wanita hidup lebih lama alias lebih panjang umur dibanding pria. Hal ini ditunjukkan oleh berbagai macam hasil penelitian dan perhitungan para ilmuwan di dunia yang menyebutkan bahwa populasi wanita di seluruh dunia, memiliki harapan hidup lebih tinggi dari pada pria, dimana dari 10 orang yang mencapai usia 85 tahun, 6 diantaranya adalah wanita.
Delapan Alasan Menakjubkan Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria
Delapan Alasan Menakjubkan
Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Dibanding Pria
Melihat fakta di atas, maka akan muncul pertanyaan mendasar, yaitu mengapa wanita lebih panjang umur dibanding pria? Hal utama yang diperkirakan menjadi latar belakang wanita dapat memiliki harapan hidup lebih tinggi, cenderung dihubungkan dengan perbedaan gaya hidup sehat antara pria dan wanita. Namun, bukan hanya itu saja, karena berdasarkan informasi yang di kutip dari boldsky.com, terdapat pula alasan lain mengapa wanita bisa lebih panjang umur dibanding pria. Apa saja alasan tersebut? Berikut hasil rangkuman SpesialTips! selengkapnya.

1. Pertumbuhan di dalam rahim yang lebih baik sebelum kelahiran
Dimulai dari saat sebelum dilahirkan, wanita memiliki pertumbuhan di dalam rahim dan sistem kekebalan tubuh yang terbentuk lebih baik dibandingkan pria, tentu saja kondisi ini akan menghasilkan kematangan fisik yang lebih kompleks pada wanita setelah lahir. Selain itu, akibat dari pertumbuhan kematangan fisik yang lebih rendah dibanding wanita, pria menjadi lebih rentan terhadap penyakit, penyebab kematian.

2. Seleksi alam yang lebih menguntungkan wanita
Secara biologis wanita terprogram untuk hidup lebih lama untuk melakukan reproduksi dan mempertahankan kelangsungan manusia.

3. Keunggulan pada perbedaan kromosom 
Alasan lain mengapa wanita lebih panjang umur adalah perbedaan kromosom yang dimilikinya,dimana letak perbedaan tersebut ada pada Telomer (Telomere) yaitu bagian paling ujung dari DNA linear yang berperan penting untuk  menjaga kestabilan genom tiap sel. Wanita memiliki telomer lebih panjang dibanding pria, hingga menjadikan penuaan sel menjadi berjalan lebih lama serta umur yang lebih panjang.

4. Perubahan hormonal bertahap di sepanjang hidup wanita
Kelebihan yang terletak dalam tubuh wanita dapat membuat kita berdecak kagum. Bagaimana tidak, bahkan perubahan hormonal secara bertahap di sepanjang hidup wanita yang dianggap kebanyakan orang sebagai kelemahan,  justru menjadikannya sebagai sebuah keuntungan tersendiri, yang membuat wanita menjadi lebih panjang umur dibanding pria. Misalnya saja pada salah satu fase perubahan hormonal sesaat sesudah melahirkan, membuat tubuh wanita memproduksi tiroksin lebih banyak, dimana keadaan ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh wanita dari penyakit dan infeksi.

5. Memiliki risiko lebih rendah untuk menderita penyakit jantung
Kelebihan seorang wanita yang menjadikannya lebih panjang umur dibanding pria adalah kemampuan tubuh mereka yang mampu menghasilkan lebih banyak hormon estrogen. Hormon ajaib yang memang lebih dominan pada wanita tersebut, mampu menjadi pelindung wanita dari penyakit jantung, dimana diketahui bersama bahwa penyakit jantung termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

6. Jaringan sosial yang lebih baik
Berdasarkan hasil penelitian, jaringan sosial yang lebih baik dapat meningkatkan nilai harapan hidup hingga mencapai 50 persen. Nah, wanita sendiri memiliki kemampuan mengembangkan jaringan sosial yang lebih baik dibanding pria, dan itu pula yang menjadikan mereka lebih panjang umur.

7. Kesadaran akan kesehatan
Pria memiliki kecenderungan untuk memiliki kesadaran kesehatan yang lebih rendah dibanding wanita. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan yang menyebutkan bahwa wanita lebih sering mencari tahu informasi kesehatan, selain itu lebih sering pula melakukan konsultasi kesehatan. Nah, pada akhirnya kesadaran akan kesehatan ini membuat wanita lebih memperhatikan kesehatan mereka dibandingkan pria.

8. Lebih banyak melakukan aktivitas fisik
Jangan berpikir bahwa pria lebih banyak melakukan aktivitas fisik dibanding wanita. Buktinya seorang wanita yang menjadi ibu rumah tangga, terhitung memiliki aktivitas fisik lebih banyak dibanding suami (pria) yang tempat kerja mereka. Nah, aktivitas fisik yang lebih banyak ini berdampak pula pada kebugaran fisik dan kesehatan, tentu saja hal tersebut menjadi alasan utama mengapa wanita menjadi lebih panjang umur dibandingkan pria.

Demikianlah informasi dari SpesialTips! tentang delapan alasan menakjubkan yang membuat wanita menjadi lebih panjang umur dibanding pria. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. bermanfaat sekali ilmu nya mas :-d

    ReplyDelete
  2. apa saya harus jadi wanita biar panjang umur ? :D sekarang pria jaringan sosialnya nggak mau kalah lho sama perempuan....:D

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top