Advertisement
Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Waktu Untuk Berolahraga - Tiap-tiap orang yang mungkin memiliki kebiasaan untuk melakukan olahraga yang berbeda, baik itu di pagi hari, menjelang tengah hari atau bahkan sore/malam. Alasan memilih waktu untuk berolahraga tentu berbeda pula, dari ketersediaan waktu karena kesibukan bekerja, hingga pengaruh faktor yang memotivasi untuk melakukan olahraga bagi mereka. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Jacque Crockford, selaku ahli fisiologi dan pendidikan olahraga, dimana waktu terbaik untuk berolahraga bergantung pada ketersediaan energi dan motivasi.
Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Waktu Untuk Berolahraga
Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Waktu Untuk Berolahraga
Berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, terdapat salah satu hasil studi yang mengungkapkan bahwa waktu berolahraga juga memiliki pengaruh tersendiri bagi tubuh, yaitu seseorang yang terbiasa berolahraga pada waktu tertentu dan secara rutin setiap harinya, akan membuat tubuhnya mampu mengenali ritme tersebut, lalu akhirnya tubuh akan bereaksi untuk menghasilkan energi yang sama, sesuai dengan saat ia melakukan olahraga pada hari selanjutnya.


Masih melalui sumber yang sama, guna mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga, maka menentukan waktu yang sesuai merupakan hal yang patut diperhitungkan bagi kita. Oleh karena itu, akan sangat penting pula rasanya untuk mengetahui informasi tentang apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing waktu berolahraga. Berikut penjelasan selengkapnya tentang kelebihan dan kekurangan waktu berolahraga yang perlu diketahui.

Berolahraga di Pagi Hari
Kelebihan: Pada sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, menyebutkan kelebihan yang bisa didapatkan bila Anda memilih waktu berolahraga di pagi hari, dimana dengan melakukan olahraga selama 45 menit, dapat bermanfaat untuk menurunkan/membatasi nafsu makan, bila dibandingkan dengan mereka memilih waktu olahraga yang berbeda.


Kekurangan: Saat tidur, suhu tubuh akan turun dan memengaruhi fleksibilitas sendi. Nah, hal ini dapat menjadi salah satu kekurangan yang patut diperhitungkan saat berolahraga di pagi hari, karena dengan melakukan olahraga berat di pagi hari dengan tingkat fleksibilitas sendi yang rendah, dapat meningkatkan risiko untuk menderita cedera. Selain itu, bagi mereka yang tidak terbiasa bangun pagi, umumnya akan mengalami pusing saat melakukan olahraga di waktu pagi.


Berolahraga Menjelang Siang Hari
Kelebihan: Melakukan olahraga pada waktu menjelang siang hari, biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki masalah berat badan berlebih, karena dianggap mampu membakar kalori lebih baik. Kelebihan lainnya, berolahraga di waktu ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kerja otak Anda dan tubuh, selain itu dapat pula menjadi cara untuk meningkatkan mood (semangat).

Kekurangan: Berolahraga menjelang siang hari, umumnya akan dihadapkan pada masalah terbatasnya waktu, yang mengakibatkan manfaat olahraga tak dapat tercapai secara maksimal. Selain itu, salah satu masalah yang kerap dihadapi adalah mengatur waktu makan siang, karena melakukan olahraga dengan perut kosong pun dapat berakibat buruk bagi tubuh dan juga sebaliknya.

Berolahraga Sore/Malam Hari
Kelebihan: Sore/Malam hari merupakan waktu dimana elastisitas otot dan energi dalam keadaan terbaik, dan tentu saja sangat tepat untuk melakukan olahraga pada waktu tersebut. Disebutkan pula dalam jurnal ilmiah Chronobiology International, mengungkap sebuah hasil penelitian, dimana waktu sore/malam hari merupakan puncak waktu hormon tertentu untuk bekerja.

Kekurangan: Salah satu kekurangan utama melakukan olahraga di waktu ini, adalah masalah gangguan tidur, pasalnya olahraga pada waktu sore/malam hari mengakibatkan meningkatnya adrenalin pada tubuh, sehingga dibutuhkan jadwal yang sesuai agar dapat terhindar dari masalah tersebut.

Nah, demikianlah informasi tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing waktu untuk berolahraga. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top