Advertisement
Bantu Penyandang Disabilitas Untuk Menggunakan Android, Google Luncurkan Layanan Baru - Baru-baru ini Google selaku pengembang sistem operasi Android mengumumkan beberapa layanan yang berbasis perintah suara, guna memudahkan penyandang disabilitas mengakses dan menikmati teknologi Android.
Bantu Penyandang Disabilitas Untuk Menggunakan Android, Google Luncurkan Layanan Baru
Google Luncurkan Layanan Baru
Bantu Penyandang Disabilitas Untuk Menggunakan Android
Berdasarkan pengumuman yang dikutip dari halaman resmi Google, setidaknya ada lima layanan baru yang sangat berguna bagi para penyandang disabilitas dan tiga diantaranya merupakan layanan pada sistem operasi Android. Nah, pada kesempatan kali ini redaksi SpesiaTips! akan menyampaikan informasi yang menjelaskan tentang fungsi ketiga layanan baru dari Google pada sistem operasi Android tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

1. Aplikasi Accessibility Scanner
Aplikasi Accessibility Scanner di Android, adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk memudahkan para pengguna Android untuk mengakses aplikasi Android lainnya pada smartphone, dengan hanya melakukan pemindaian (scan) terhadap aplikasi yang ingin digunakan. Selain itu, aplikasi Accessibility Scanner, juga membantu penyandang disabilitas khususnya yang mengalami masalah (gangguan) pada penglihatan dengan beberapa fitur, diantaranya memperbesar tampilan tombol pada aplikasi tertentu, menaikkan tingkat kontras agar lebih jelas di lihat, serta memberikan informasi tentang deskripsi aplikasi yang ingin digunakan.
Aplikasi Accessibility Scanner
Sumber Gambar: Google Blog
2. Peningkatan layanan untuk penyandang tunanetra pada sistem operasi Android N
Mungkin belum banyak pengguna Android di Indonesia yang tahu bahwa beberapa waktu lalu, Google telah meluncurkan preview jenis Android terbaru, yaitu Android N yang ditujukan bagi para pengembang. Nah, berhubungan dengan jenis Android baru tersebut, kini Google telah menyematkan peningkatan layanan bagi penyandang tunanetra, dengan melakukan penyesuaian beberapa fitur yang dapat memudahkan penyandang tunanetra untuk menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android N, salah satunya dengan menghadirkan fitur Vision Settings.
Peningkatan layanan untuk penyandang tunanetra pada sistem operasi Android N
Sumber Gambar: Google Blog
3. Voice Acces Beta
Adalah aplikasi yang memberikan kemudahan bagi mereka yang memiliki keterbatasan menggunakan layar sentuh akibat kelumpuhan, tremor, cedera sementara, dan atau alasan lain yang tidak memungkinkan mereka mengakses perangkat android kecuali dengan suara. Misalnya Anda dapat membuka aplikasi dengan perintah suara, seperti  'Open Chrome', 'Home', 'Scroll Down', atau 'Next' untuk berinteraksi dan melakukan navigasi pada perangkat android. Guna mempelajari layanan ini lebih lengkap Anda dapat mengunjungi halaman resmi Google yang menjelaskan lebih jauh tentang layanan Voice Acces tersebut.

Selain itu, dua layanan lainnya yang juga memiliki fungsi untuk mempermudah penyandang disabilitas dan diumumkan pada kesempatan yang sama pula oleh Google adalah, kehadiran fitur ChromeVox yang berfungsi sebagai pembaca layar (screen reader) pada perangkat Chromebooks dan kehadiran fitur mengedit dokumen dengan perintah suara, pada layanan Google Docs.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang layanan terbaru Google, yang membantu memudahkan penyandang disabilitas untuk menggunakan Android. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top