Advertisement
Ini Dia 5 Peringkat Teratas Jenis Diet Terbaik Tahun 2016 - Tak semua jenis diet hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan, karena terdapat pula jenis diet lain yang ternyata bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, hingga diet untuk menjaga kemampuan otak. Nah, bila Anda berniat untuk melakukan program diet tahun ini, maka informasi kali ini akan sangat membantu untuk memilih jenis diet terbaik yang seusai dengan keadaan dan kebutuhan Anda.
5 Peringkat Teratas Jenis Diet Terbaik Tahun 2016
Jenis Diet Terbaik Tahun 2016 
Bersumber dari halaman resmi US. News & Health Report, dikabarkan bahwa baru-baru saja para ahli kesehatan merilis daftar peringkat jenis diet terbaik tahun 2016, dimana dalam daftar tersebut terdapat beberapa jenis diet dan disusun berdasarkan beberapa kategori, yaitu kemampuannya untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek, kemampuan menurunkan berat badan dalam jangka panjang, kemudahan untuk dilakukan, dan berdasarkan dari sisi kesehatan. Nah, penasaran jenis diet apa saja yang menjadi pilihan para ahli kesehatan tersebut? Berikut informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh redaksi SpesialTips! secara keseluruhan menjadi 5 peringkat teratas diet terbaik di tahun 2016.


5 Diet Terbaik Tahun 2016


1. Dash Diet
Di peringkat pertama jenis diet terbaik secara keseluruhan, Dash diet menjadi jenis diet yang diunggulkan oleh para ahli, bahkan dalam 5 tahun belakangan jenis diet ini selalu memuncaki peringkat diet terbaik. Nama Dash sendiri merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, dimana secara khusus ditujukan bagi orang yang memiliki potensi atau pun menderita darah tinggi, dengan fokus mengurangi asupan natrium dan memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium, kalsium, kalium, protein dan makanan berserat tinggi.
Nilai tiap kategori:
Kemampuan menurunkan berat badan jangka pendek: 3.2
Kemampuan menurunkan berat badan jangka panjang : 3.0
Kemudahan untuk dilakukan: 3.1
Kesehatan: 4.8

2. Mind Diet
Peringkat selanjutnya ditempati oleh Mind diet atau Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Diet jenis ini memiliki fokus untuk pada asupan makanan yang dapat mengurangi risiko gangguan neurologis, seperti pada penderita alzheimer. Makanan yang disarankan dalam diet ini meliputi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.
Nilai tiap kategori:
Kemampuan menurunkan berat badan jangka pendek: 3.1
Kemampuan menurunkan berat badan jangka panjang : 2.9
Kemudahan untuk dilakukan: 3.7
Kesehatan: 4.5

3. TLC Diet
Peringkat 3 diet terbaik diduduki oleh TLC (Therapeutic Lifestyle Changes) diet, dimana jenis diet ini lebih menitikberatkan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, dibandingkan berat badan. TLC diet menjadi jenis diet yang direkomendasikan oleh National Institutes of Health's National Cholesterol Education Program dimana manfaat diet ini disebutkan dapat menurunkan 8 hingga 10 persen kadar kolestero dalam waktu enam minggu. Jenis diet ini dilakukan untuk memangkas asupan lemak jenuh, yang dianggap sebagai penyebab utama tingginya kadar kolesterol.
Nilai tiap kategori:
Kemampuan menurunkan berat badan jangka pendek: 3.2
Kemampuan menurunkan berat badan jangka panjang : 2.8
Kemudahan untuk dilakukan: 3.0
Kesehatan: 4.7

4. Fertility Diet
Mungkin diet yang satu ini belum banyak dikenal di Indonesia, karena diet jenis ini bertujuan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Harvard School of Public Health, terungkap bahwa wanita yang secara teratur mengonsumsi makanan dengan lemak sehat, protein nabati  dan biji-bijian, cenderung memiliki kesuburan yang lebih baik, dibandingkan dengan wanita yang melakukan diet lainnya.
Nilai tiap kategori:
Kemampuan menurunkan berat badan jangka pendek: 3.0
Kemampuan menurunkan berat badan jangka panjang : 2.6
Kemudahan untuk dilakukan: 3.7
Kesehatan: 4.4

5. Mayo Clinic Diet
Diperingkat selanjutnya terdapat Mayo Clinic Diet, dimana nama diet ini berasal dari  gagasan perusahaan kesehatan Mayo Clinic's di Amerika Serikat. Diet ini berfokus pada penurunan berat badan jangka panjang, dengan membantu mengembangkan gaya hidup yang dirancang untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan. Uniknya diet ini mengharuskan orang yang melakukannya untuk menghentikan lima kebiasaan yang dianggap tidak sehat dan melakukan lima kebiasaan baru yang lebih sehat, selain itu diet Mayo Clinic menyarankan untuk melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap harinya.
Nilai tiap kategori:
Kemampuan menurunkan berat badan jangka pendek: 3.3
Kemampuan menurunkan berat badan jangka panjang : 2.9
Kemudahan untuk dilakukan: 3.1
Kesehatan: 4.5

*) Penilaian tiap kategori pada jenis diet terbaik tersebut, menggunakan kisaran 5 untuk nilai terbaik dan 1 sebagai nilai terburuk.

Nah, demikianlah informasi tentang 5 Peringkat Teratas Jenis Diet Terbaik Tahun 2016. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Pada share diet nih ada apa sih??? #kepo

    ReplyDelete
  2. jadi tiap-tiap jenis diet punya kemampuan menurunkan berat badan jangka pendek dan jangka panjang? wah, butuh penyesuaian nih..dengan jenis diet terbaik 2016

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top