Advertisement
Terungkap, Urutan Kelahiran Dan Tingkat Pendidikan Dapat Tingkatkan Risiko Rabun Jauh - Rabun jauh atau dalam istilah kesehatan disebut dengan miopi, dikenal sebagai salah satu gangguan kerusakan pada mata yang mengakibatkan penderitanya sulit atau tak bisa melihat objek yang jauh. Secara umum, penyebab rabun jauh diakibatkan karena faktor genetik dan lingkungan.
Terungkap, Urutan Kelahiran Dan Tingkat Pendidikan Dapat Tingkatkan Risiko Rabun Jauh
Urutan Kelahiran Dan Tingkat Pendidikan Dapat Tingkatkan Risiko Rabun Jauh
Bila mengacu pada faktor genetik, sebagai penyebab gangguan rabun jauh pada mata, maka kini terdapat sebuah fakta baru yang ditemukan oleh para ilmuwan. Disebutkan bahwa anak pertama (sulung) lebih berisiko untuk menderita gangguan rabun jauh, dibandingkan dengan saudara-saudara mereka yang lebih muda. Informasi yang dikutip dari livescience.com, menginformasikan bahwa, berdasarkan hasil studi para ilmuwan dengan melihat perbandingan antara urutan kelahiran pada 89 ribu orang (usia 40 hingga 60 tahun), dengan risiko untuk mengalami rabun jauh, terungkap bahwa anak pertama (sulung) memiliki risiko sebanyak 10 persen lebih mungkin untuk menderita rabun jauh (miopi), selain itu anak pertama juga memiliki risiko untuk mengalami rabun jauh yang lebih parah sebanyak 20 persen.

Nah, fakta lainnya yang ditemukan oleh para ilmuwan adalah keterkaitan tingkat pendidikan dengan risiko untuk menderita gangguan rabun jauh (miopi), berdasarkan hasil studi ilmiah, yang telah dipublikasikan pada jurnal JAMA Ophthalmology, terungkap bahwa 25 persen mereka yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi, lebih berisiko untuk mengalami rabun jauh. Pada hasil studi lainnya tercatat dalam Singapore Medical Journal, menunjukkan bahwa dari 110 ribu pria dengan usia antara 15 hingga 25 tahun, didapati jumlah kasus penderita rabun jauh lebih banyak dialami, oleh mereka yang memiliki tingkat pendidikan formal lebih tinggi.

Uniknya lagi antara urutan kelahiran dan tingkat pendidikan, ternyata juga memiliki keterkaitan terhadap risiko seseorang untuk menderita rabun jauh. Hal ini, ditunjukkan bahwa mereka yang memiliki urutan kelahiran pertama (anak sulung), umumnya mendapatkan kualitas dan tingkat pendidikan yang lebih baik, sehingga memperbesar pula risiko untuk menderita gangguan rabun jauh (miopi).

Demikianlah informasi singkat tentang fakta urutan kelahiran dan tingkat pendidikan, yang dapat menjadi alasan, mengapa seseorang menjadi lebih berisiko, untuk menderita gangguan penglihatan rabun jauh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top