Advertisement
4 Bahan Alami Untuk Mengobati Tipes (Typhoid) - Banyak diantara kita yang mungkin masih salah mengartikan penyakit tipes, yang kadang dianggap sama dengan penyakit tifus, padahal kedua penyakit tersebut adalah penyakit yang berbeda. Sebagai tambahan informasi, sebenarnya tipes (typhoid) adalah penyakit yang disebabkan karena bakteri Salmonella Enterica atau secara khusus bersumber dari turunan bakteri yang disebut dengan Salmonella Typhosa. Dimana penyebaran bakteri ini bisa berasal dari makanan atau minuman yang tercemar.
4 Bahan Alami Untuk Mengobati Tipes (Typhoid)
4 Bahan Alami Untuk Mengobati Tipes (Typhoid)
Tipes sendiri, dalam istilah kedokteran juga disebut dengan demam tifoid, memiliki gejala demam yang tinggi (secara perlahan), dan biasanya pada hari ke tiga demam akan kembali mereda, namun setelah satu atau dua minggu maka gejala demam ini akan datang kembali. Nah, cara pencegahan penyakit ini sebenarnya tergolong sederhana, cukup dengan mengonsumsi makanan yang bebas bakteri, dan menghindari jajanan yang di tempat-tempat yang kurang bersih, serta memastikan makanan dan minuman dimasak secara sempurna, sekaligus melindungi makanan dari lalat, kecoa, dan tikus yang dapat menjadi sumber pembawa bakteri penyebab tipes.

Namun bagaimana cara mengobati gejala tipes tersebut, dengan cara alami? Nah, berhubungan dengan masalah ini, dan berdasarkan berbagai sumber yang dirangkum, maka redaksi SpesialTips! akan berbagi cara untuk mengobati seseorang yang terkena penyakit tipes (typhoid), dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, yang tentunya lebih aman bagi tubuh. Berikut selengkapnya, 4 Bahan Alami Untuk Mengobati Tipes (Typhoid).

1. Pepaya
Hampir di semua daerah, kita dapat menjumpai buah pepaya dengan sangat mudah, dan juga ternyata buah ini berkhasiat untuk mengobati gejala tipes. Caranya adalah dengan menggunakan bahan pepaya yang masih setengah matang (mengkal), kemudian parutlah buat daging buah pepaya setengah matang (mengkal) tersebut, langkah selanjutnya saring dan peras dengan menambahkan sedikit air matang, lalu minum air hasil perasan pepaya tersebut setiap hari hingga gejala tipes reda.

2. Timun
Hampir sama dengan cara di atas, hanya saja buah timun yang digunakan tidak boleh terlalu muda. Selanjutnya parut dan peras daging buah ketimun tersebut, lalu minumlah air perasan timun secara rutin tiga kali sehari, sampai demam yang reda.

3. Sawo Muda
Siapkan sawo muda, kira-kira sebanyak 4 hingga 5 buah, kemudian cuci sampai bersih. Sama dengan langkah-langkah di atas, parut daging buah sawo tersebut, lalu diperas untuk mendapatkan sari dari buah sawo tersebut. Nah, hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi sari buah sawo muda ini adalah dosis yang berbeda antara orang dewasa dan anak-anak. Disarankan bagi orang dewasa yang terserang tipes, untuk meminum air perasan sawo sebanyak satu kali selama empat hari berturut-turut, sedangkan bagi anak-anak dapat meminumnya sebanyak satu kali selama dua hari saja.

4. Kunyit
Kunyit selain dapat menjadi bumbu masakan, ternyata juga bermanfaat untuk dijadikan salah satu campuran bahan alami untuk mengobati seseorang yang terserang tipes. Caranya adalah dengan merebus kunyit sebanyak dua ruas, bersama dengan kurang lebih 15-20 lembar daun pegagan dan juga 8 hingga 10 lembar daun Sambiloto, dengan air sebanyak 3 setengah hingga 4 gelas. Rebus, hingga air berkurang sampai tersisa kira-kira 2 - 3 gelas. Selanjutnya minum air rebusan, sebanyak satu gelas selama tiga kali sehari, sampai gejala demam tipes reda.

Nah, demikianlah informasi tentang 4 Bahan Alami Untuk Mengobati Tipes (Typhoid), semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top