Advertisement
Cahaya Biru Dari Gadget Biang Keladi Masalah Sulit Tidur - Anda punya masalah dengan tidur di malam hari? Berbagai macam cara Anda gunakan agar dapat lebih cepat tidur, tapi mata terasa enggan "berkompromi" untuk lebih cepat terlelap? Lantas, muncul ide untuk membuka gadget dengan harapan dengan sekedar browsing atau melihat-lihat isi media sosial online, Anda dapat lebih mudah untuk mengantuk dan akhirnya tertidur.
Cahaya Biru Dari Gadget Biang Keladi Masalah Sulit Tidur
Cahaya Biru Dari Gadget Biang Keladi Masalah Sulit Tidur
Namun, tahukah Anda cara tersebut merupakan sebuah kesalahan fatal yang mungkin tak Anda sadari, pasalnya layar pada gadget baik berupa smartphone, tablet, dan laptop memiliki salah satu penyebab utama yang dapat menyebabkan Anda akan tetap terjaga. Adalah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget, yang menjadi biang keladi mengapa seseorang mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. 

Hal ini dibuktikan dengan penemuan para ahli yang menyebutkan bahwa terdapat sekitar sekitar 30.000 sel di dalam mata Anda yang reaktif terhadap panjang gelombang cahaya yang berwarna biru. Selanjutnya sel-sel tersebut untuk mengirimkan sinyal ke area otak, yang dikenal sebagai inti suprachiasmatic, dimana sinyal tersebut dapat memberikan perintah kepada otak untuk menghentikan produksi melatonin (hormon kunci pengatur siklus tidur seseorang).

Cahaya berwarna biru sebenarnya sangat banyak dipancarkan oleh matahari di siang hari, mungkin inilah sebabnya mengapa kita dapat tetap terjaga di siang hari. Sehingga, pada saat menjelang tidur di malam hari disarankan kepada Anda untuk menghindari sumber cahaya yang berwarna biru, dan salah satunya adalah layar gadget milik Anda. Namun bila Anda terpaksa untuk menatap layar gadget, terdapat banyak cara untuk meminimalkan efek negatif dari cahaya biru yang dipancarkan, dengan cara menggunakan beberapa program atau aplikasi yang dapat mengurangi kadar cahaya biru yang terpancar dari layar gadget Anda. (sumber: digitaltrends.com)

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top