Advertisement
Tips Menolong Diri Dari Rasa Khawatir Berlebihan - Rasa khawatir menjadi hal yang paling umum dirasakan oleh semua orang sejak mula dewasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, khawatir diartikan sebagai rasa takut (gelisah dan atau cemas) tentang sesuatu hal yang belum pasti terjadi. Manusia dengan lobus frontal yang memiliki fungsi sebagai produsen kecerdasan manusia--termasuk kemampuan membuat keputusan, menyelesaikan masalah, dan membuat rencana--ternyata juga memproduksi rasa khawatir. Bedanya antara rasa khawatir dengan membuat perencanaan adalah adanya keterlibatan lebih banyak emosional dan orientasi diri yang bersifat negatif di bagian tertentu dalam otak.
Tips Menolong Diri Dari Rasa Khawatir Berlebihan
Tips Menolong Diri Dari Rasa Khawatir Berlebihan
Khawatir sebenarnya merupakan keadaan perasaan yang sangat manusiawi yang dapat dirasakan seseorang, karena pada dasarnya khawatir atau kecemasan adalah respon alami tubuh dalam menghadapi keadaan yang dialami tiap individu. Namun beda halnya bila khawatir mulai mengarah menjadi berlebihan, misalnya saja takut tak dapat mengerjakan tugas hingga tak mau masuk kantor untuk menghindari omelan dari bos? Atau mungkin kecemasan yang berlebihan, terkait jodoh yang tak kunjung datang. Berhubungan dengan rasa khawatir atau cemas berlebihan ini, menurut hasil penelitian salah satu organisasi yang bergerak dibidang kesehatan, The Anxiety And Depression Association Of America, dikemukakan bahwa orang Amerika yang mengalami kekhawatiran (kecemasan) berlebihan berpotensi lima sampai enam kali akan menderita gangguan kejiwaan.

Lantas bagaimana caranya agar terhindar dari rasa khawatir yang berlebihan tersebut? Berikut solusi yang telah SpesialTips! rangkum dalam Tips Menolong Diri Dari Rasa Khawatir Berlebihan.

1. Memahami atau Menyadari Keadaan Emosi
Salah satu cara untuk menghindari kekhawatiran ataupun kecemasan yang berlebihan adalah mencoba untuk menyadari keadaan emosi yang dapat membawa diri pada munculnya perasaan khawatir tersebut sehingga akan lebih mudah bagi seseorang untuk menenangkan diri dan mencari jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

2. Menarik Napas Dalam - dalam
Teknik ini cukup efektif untuk meredakan kekhawatiran berlebihan yang dialami, caranya adalah dengan mengambil (menarik) napas dalam-dalam melalui hidung ke diafragma Anda lalu menghembuskan napas dengan tempo lambat. Kelebihan mendarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan tersebut mampu untuk membalikkan sistem saraf Anda dan mengurangi respon stres tubuh Anda.

3. Jangan Memikirkan Apa Yang Telah Dan Apa Yang Akan Terjadi
Pada saat Anda mulai mendeteksi munculnya kecemasan akan suatu hal, maka tak disarankan untuk tidak mencoba mengingat kejadian atau keadaan yang telah terjadi di masa lalu dan apa yang akan terjadi di masa depan. Intinya hadapilah masalah dengan kesadaran sepenuhnya pada saat itu, sehingga otak tidak akan merespon dengan memunculkan rasa khawatir yang berlebihan.

4. Buatlah Keputusan
Membuat keputusan, sesederhana apapun keputusan tersebut akan memberikan manfaat bagi otak untuk meningkatkan kadar dopamin dan meningkatkan fokus persepsi di otak pada hal-hal yang paling penting. Membuat keputusan keputusan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang tidak terdapat pada seseorang yang mengalami kekhawatiran yang berlebihan.

Demikianlah informasi singkat tentang Tips Menolong Diri Dari Rasa Khawatir Berlebihan, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top