Advertisement
Empati, Syarat Utama Langgengnya Hubunganmu Bersama Pasangan - Berbagai macam cara digunakan setiap orang untuk meraih kelanggengan dalam hubungannya bersama pasangan, namun tak jarang perkara "mengawetkan" sebuah hubungan tersebut, justru menjadi masalah terberat untuk direalisasikan bagi kebanyakan pasangan.
Empati, Syarat Utama Langgengnya Hubunganmu Bersama Pasangan
Empati, Syarat Utama Langgengnya Hubunganmu Bersama Pasangan
Bila dikatakan bahwa komunikasi yang baik adalah solusi terbaik dalam mengusahakan langgengnya sebuah hubungan, maka hal ini sepenuhnya benar, akan tetapi bagaimana komunikasi yang baik dapat dibangun antara pasangan bila tak ada landasan empati di dalamnya? Mungkin sahabat SpesialTips! sekalian akan bertanya-tanya, mengapa empati? Lalu berhubungan dengan judul di atas, bagaimana empati menjadi syarat utama dari langgengnya hubungan bersama pasangan kita?

Sebelum membahas lebih dalam tentang perngaruh empati bagi sebuah hubungan, khususnya dengan pasangan kita, ada baiknya dipahami dulu apa itu empati. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs id.wikipedia.org, diketahui bahwa Empati merupakan kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain (Hodges, S.D., & Klein, K.J), atau secara umum dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk merasakan baik emosi serta keinginan orang lain.

Berdasarkan dari pengertian Empati di atas, maka dapat ditemui alasan mendasar mengapa kemampuan empati seseorang menjadi syarat utama terciptanya komunikasi yang baik dengan pasangan, dan pastinya juga menjadi syarat utama untuk merealisasikan kelanggengan hubungan yang melibatkan banyak luapan perasaan di dalamnya. Alasannya cukup sederhana, tanpa kemampuan ataupun keinginan untuk merasakan apa yang dirasakan pasangan kita, maka sekecil apapun masalah yang dihadapi bersama pasangan akan menjadi sulit untuk terselesaikan, akibatnya tentu saja membuat hubungan menjadi tak harmonis. Nah, bagaimana hubungan bisa langgeng alias awet kalau keharmonisan tidak dapat dijaga? 

Lantas cara apa yang sebaiknya digunakan untuk menumbuhkan empati terhadap pasangan kita? Caranya sangat sederhana, cukup dengan introspeksi diri dengan menanyakan pertanyaan yang sama kepada diri sendiri, apakah kita telah melakukan hal yang sama terhadap pasangan? Misalnya saja kita pastinya ingin agar pasangan kita untuk mecurahkan perhatian, serta rasa sayangnya terhadap kita, nah tanyakanlah pada diri Anda, apa kita Anda melakukan hal yang serupa kepada dirinya? 

Sebagai catatan penting bagi Anda yang sedang membina hubungan, dan ingin hubungannya langgeng tanamkan pertanyaan sederhana ini dalam benak Anda sebagai motivasi tambahan untuk membangun empati pada diri terhadap pasangan : "Bagaimana mungkin seseorang akan memberikan seratus persen hatinya kepada kita, bila kita sendiri tak sepenuhnya memberikan seratus persen hati kita kepadanya?"

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi sahabat sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top