Advertisement
Empat Alasan Mengapa Cinta Bukanlah Mencari Kecocokan - Salam jumpa sahabat SpesialTips sekalian. Membahas tentang cinta mungkin tak akan ditemukan di mana letak ujung dan pangkalnya, karena cinta memiliki makna yang sangat luas. Berbagai macam jenis dan definisi cinta dibuat untuk mengartikan makna kata ini, namun secara umum cinta dapat diartikan sebagai emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan obyek tersebut (id.wikipedia.org). Anda boleh tidak setuju dengan pengertian tentang cinta tersebut, karena pada dasarnya hanya si pemilik rasa cintalah yang dapat memaknai apa dan bagaimana cinta yang dirasakannya tersebut.

Empat Alasan Mengapa Cinta Bukanlah Mencari Kecocokan
Empat Alasan Mengapa Cinta Bukanlah Mencari Kecocokan
Lebih lanjut membahas tentang cinta, khususnya dalam hubungan antar pasangan, maka terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa seseorang akan merasakan cinta apabila menemui orang yang cocok atau memiliki kesamaan dengan dirinya. Dengan dalih akan lebih mudah dalam membina hubungan, kecocokan yang menjurus kepada kesamaan tersebut dijadikan alasan utama seseorang untuk mengabaikan perhatiannya pada mereka yang tidak dianggap cocok dan tidak memiliki kesamaan, baik itu sekedar kesamaan warna kesukaan, hingga parahnya dihubungkan pula pada kecocokan zodiak. Tak jarang kecocokan pula lah yang menjadi alasan seseorang untuk mengakhiri suatu hubungan, padahal kita ketahui bersama-sama bahwa manusia merupakan individu yang sifatnya dinamis, dan tak pernah akan dijumpai seseorang yang memiliki kecocokan ataupun kesamaan seratus persen dengan diri kita di dunia ini.

Berhubungan dengan cinta dan kecocokan, maka bagi Anda yang saat ini sedang berada pada masa pencarian untuk menemukan seseorang yang dapat dijadikan pelabuhan cinta terakhir alias cinta sejatinya, mungkin beberapa poin berikut dapat memberikan pencerahan bahwa sebenarnya cinta bisa di dapatkan dari siapa saja, kapan saja dan dengan cara apa saja, tergantung kemauan diri Anda untuk membuka diri.

Empat Alasan Mengapa Cinta Bukanlah Mencari Kecocokan

1. Tak Ada Manusia Yang Sama
Telah dijelaskan secara singkat di atas, bahwasannya manusia siapapun ia maka tak akan dijumpai orang lain yang memiliki seratus persen kesamaan dengan dirinya. Apalagi bila mencari kesamaan yang berhubungan dengan emosi dari kasih sayang atau cinta, maka tiap-tiap orang akan memiliki kadar yang berbeda pula dalam mencurahkan cinta miliknya.

2. Perbedaan Pada Pasangan Merupakan Penyeimbang Kehidupan Anda
Mungkin Anda akan mengernyitkan dahi, apa yang dimaksud dengan poin kedua ini. Sederhana saja, cukup Anda bayangkan hidup dengan seseorang yang memiliki perasaan, tingkah laku dan kesukaan yang sama dengan Anda, maka apa yang akan terjadi? Membosankan bukan? Mungkin inilah alasan kenapa manusia diciptakan oleh Tuhan tidak selalu sama, karena pada dasarnya pasangan yang Anda cintai nantinya merupakan seseorang yang mampu memberikan warna serta menjadi penyeimbang kehidupan Anda, melalui perbedaan yang dimilikinya.

3. Cocok Untukmu, Apakah Cocok Untuknya?
Pernahkah Anda mengalami keadaan atau kejadian, dimana cinta Anda ditolak? Padahal Anda merasa si dia merupakan orang yang sangat cocok dengan berbagai macam kesamaan dengan Anda. Cocok untuk Anda ternyata belum tentu cocok untuk orang lain, jadi mencari kecocokan dalam sebuah hubungan baiknya bukanlah menjadi faktor utama yang harus diyakini dalam usaha mencari cinta.

4. Kesempurnaan Cinta Adalah Menghargai Ketidaksempurnaan
Hal yang patut diyakini dalam usaha menemukan cinta sejati adalah bagaimana memaknai  serta menghargai ketidaksempurnaan. Sejatinya diri kita pun tak sempurna, lalu mengapa harus mengharapkan orang yang cocok, sementara kecocokan yang diharapkan akan mengarahkan keinginan kita pada kesempurnaan pribadi yang diidamkan dari orang lain. Mulailah untuk belajar menerima, tiap kelebihan dan kekurangan sesorang yang mungkin saja justru akan menjadi cinta sejati Anda.

Demikianlah informasi singkat yang dapat disampaikan, semoga dapat menjadi pesan yang bermanfaat dan membantu Anda untuk menemukan cinta sejati.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Memang benar. Manusiakan berbeda satu sama lain.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Saya setuju. Kita hargai perbedaan. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. info yg sangat bagus n mmbuat kita bisa berpikir lebih baik lagi

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top