Advertisement
Tips Menghadapi Sahabat Yang Menderita Depresi - Apakah Anda pernah mengalami keadaan dimana sahabat atau teman akrab Anda mengalami perubahan sikap dan tingkah laku, seperti murung, menjauhi semua orang dan membiarkan kesedihannya makin larut dengan berdiam diri di kamarnya akibat depresi yang dideritanya? Lantas, bagaimana cara Anda menghadapi keadaan tersebut? Berusaha menjadi teman yang tetap tulus membantunya agar dapat sembuh dari derita depresinya? Atau mungkin Anda merasa harus menghindari teman Anda itu, agar tidak terlibat dalam masalah yang dialaminya?
Tips Menghadapi Sahabat Yang Menderita Depresi
(sumber gambar: usmclife.com)
Sebagai sahabat yang baik, mungkin perasaan kita akan sedih dan berusaha untuk membantunya keluar dari masalah yang dirasakannya. Namun bukan perkara yang mudah untuk menghadapi seseorang yang sedang mengalami depresi, karena umumnya penderita jenis gangguan mental ini sulit untuk dapat menerima masukan dari orang lain. Berkaitan dengan masalah menghadapi sahabat atau teman yang sedang mengalami depresi, maka redaksi SpesialTips! akan berbagi informasi tentang cara menghadapi masalah yang mungkin dapat menjadi petunjuk serta solusi untuk pembaca sekalian.

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kita pahami dulu apa itu pengertian dari depresi. Berdasakan dari berbagai sumber secara umum Depresi diartikan sebagai gangguan mental umum yang ditandai dengan kesedihan, kehilangan minat atau kesenangan, perasaan bersalah, kesulitan berkonsentrasi, tidur terganggu, nafsu makan berubah dan energi rendah. Masalah ini dapat menjadi kronis atau berulang dan menyebabkan gangguan besar dalam kemampuan seseorang untuk menjalankan tanggung jawab sehari-hari. Pada kasus yang parah, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. (sumber:kamuskesehatan.com)

Penyebab depresi sendiri dibagi menjadi beberapa faktor yaitu:
Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin.
Faktor psikologis karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial.
◈ Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya.
(sumber:id.wikipedia.org)

Setelah kita mengetahui pengertian dan penyebab dari depresi, maka tentunya dapat memudahkan dalam mencari solusi menghadapi orang terdekat (sahabat) yang menderita depresi. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi petunjuk agar dapat menghadapi teman terdekat yang mengalami depresi:

◈  Ketahui Penyebab Depresi  - Langkah awal dari usaha Anda untuk agar dapat menghadapi sahabat yang sedang menderita depresi adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang penyebab dari gangguan mental yang dialaminya tersebut dan tak perlu merasa malu bila ada yang mengatakan Anda kepo karena demi kebaikan Anda memang harus kepo. Cari informasi tersebut melalui keluarga sahabat Anda, seperti orang tua maupun saudaranya, atau dengan menanyakan kepada sahabat Anda tersebut dengan pertanyaan yang tidak membuatnya merasa seperti diinterogasi.

◈  Perbesar Rasa Pengertian (Sabar) Anda - Penting untuk Anda ketahui dan pahami bahwa depresi merupakan gangguan mental, sehingga kemungkinan menghadapi reaksi yang aneh maupun reaksi penolakan dari sahabat Anda akan sangat besar, oleh sebab itu Anda harus meyakinkan diri sendiri untuk mau mengerti dan memaklumi (sabar) menghadapi keadaan tersebut.

◈ Tulus Tanpa Pamrih - Kunci utama agar dapat menjadi sahabat terbaik baik teman Anda adalah ketulusan apapun keadaannya, sehat maupun sakit. Sekalipun harus mengorbankan sesuatu dari diri Anda agar sahabat Anda dapat lebih kuat untuk melepaskan depresi yang melanda dirinya, jadikanlah hal tersebut sebagai hak Anda sebagai sahabat untuk membantu, bukan menjadi sebuah kewajiban yang membebani.

 Berikan Dorongan - Buat hal-hal kecil menjadi dorongan positif untuk sahabat Anda, misalnya saja memberikan sebuah kalimat pujian untuk sahabat Anda yang sebelumnya selalu menyendiri di dalam kamar mau untuk diajak keluar, atau beri komentar tentang rambutnya yang terlihat lebih bagus. Walaupun berhubungan dengan hal-hal kecil, namun efeknya sangat besar bagi penderita depresi, karena akan membantu untuk menambah kepercayaan dirinya.

 Pahami Batas Kemampuan Anda - Depresi merupakan gangguan yang memerlukan penanganan profesional, sehingga bila Anda bukan dokter jangan memaksakan diri untuk berusaha membuatnya sembuh. Tak perlu memberi saran ataupun nasihat yang bertujuan agar sahabat Anda dapat terlepas dari gangguan depresi yang dialaminya, karena tanpa pengetahuan profesional maka hal tersebut justru akan memperburuk keadaan sahabat Anda.

Gangguan depresi yang dihadapi sahabat Anda dapat saja sembuh dengan dukungan dari orang-orang terdekatnya termasuk Anda. Semoga dengan informasi singkat tentang Tips Menghadapi Sahabat Yang Menderita Depresi, dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Sedikit catatan kecil tentang persahabatan sejati: 
Dan sahabat sejati adalah: Seseorang yang tulus memberikan bahunya sebagai sandaran kepada sahabatnya untuk menangis. Serta seseorang yang rela menawarkan tangannya sebagai pegangan saat sahabat lainnya limbung untuk berjalan di kegelapan.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top