-->

Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

Advertisement
Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Teknik Pernapasan 4-7-8 - Susah tidur? Selalu mengalami kecemasan sebelum tidur, akibat aktifitas di siang hari? Atau mungkin memiliki gangguan tidur lainnya? Mungkin diantara Anda ada yang mengalami keadaan tersebut, boleh jadi pula Anda sudah mencoba berbagai macam cara mengatasinya, dari menggunakan penutup mata sampai dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu agar mudah tidur.
Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Teknik Pernapasan 4-7-8
Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Teknik Pernapasan 4-7-8
Pada artikel kali ini SpesiaTips! akan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Adalah sebuah teknik pernapasan tertentu yang dapat Anda lakukan, untuk mengatasi gangguan tidur Anda. Teknik pernapasan ini dikemukakan oleh dr. Andrew Weil, dan dinamai dengan Teknik Pernapasan 4-7-8. Secara garis besar teknik ini merupakan solusi penenangan alami pada sistem saraf untuk menurunkan tingkat stres, sehingga membuat seseorang lebih mudah tidur.

Bagaimana cara melakukan teknik pernapasan ini, ikuti lebih lanjut tips Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Teknik Pernapasan 4-7-8 di bawah ini:
  1. Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan teknik pernapasan ini adalah, meletakkan ujung lidah Anda menyentuh dinding mulut bagian atas, tepat dibelakang gigi bagian depan. Posisi lidah seperti ini, disyaratkan untuk tidak berubah selama proses latihan pernapasan berjalan.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuang napas sepenuhnya melalui mulut, dengan membentuk mulut seperti sedang meniup.
  3. Setelah itu tutup mulut Anda dengan rapat, tarik napas panjang sampai dengan hitungan ke 4 (empat).
  4. Selanjutnya tahan napas sebanyak 7 (tujuh) hitungan.
  5. Setelah itu, lepaskan (hembuskan) napas seluruhnya secara panjang hingga 8 (delapan) hitungan.
  6. Langkah 1 - 5 dihitung satu kali pernapasan, ulangi lagi langkah tersebut hingga 3 sampai 4 kali siklus pernapasan.
Teknik pernapasan ini, kini mulai banyak disarankan dan dipraktekkan di luar negeri khususnya Amerika Serikat, karena efeknya yang signifikan untuk mengurangi gangguan tidur. Nah, apakah Anda akan mencobanya? 

Demikianlah tips singkat tentang Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Teknik Pernapasan 4-7-8, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
Advertisement
LihatTutupKomentar