Advertisement
Tips Membuat Google Cardboard VR Headset - Salam hangat sahabat setia SpesialTips! sekalian, tahukah kalian apa itu teknologi Virtual Reality (VR)? mungkin diantara kita masih asing dengan teknologi Virtual Reality (VR). Baiklah, sebelumnya SpesialTips! akan menjelaskan secara singkat pengertian teknologi Virtual Reaity (VR) adalah  teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Sahabat SpesialTips! telah mengerti apa itu teknologi Virtual Reality (VR)? Nah, baru-baru ini perusahaan teknologi ternama Google membuat terobosan unik berhubungan dengan teknologi tersebut. Apa keunikannya ? Para ahli Google menciptakan sejenis kacamata 3D dengan berbahan kardus atau yang disebut dengan Google Cardboard. 

Courtesy of developers.google.com

Tips Membuat Google Cardboard VR Headset


Layaknya origami, Google Cardboard ini harus dirakit sendiri atau do-it-yourself (DIY) dari potongan kardus, yang dibentuk dan dilipat sedemikian rupa sehingga menjadi sebentuk kacamata.Google Cardboard ini tak dapat secara langsung memproyeksikan gambar, sebagai gantinya digunakan ponsel berbasis Android dan sepasang lensa yang bisa dibeli sendiri. Hanya saja, perangkat ini agaknya sengaja dirancang untuk untuk memuat smartphone Nexus 5, tapi dengan sedikit keratifitas mungkin saja anda bisa memodifikasinya.

Itulah sekilas tentang Google Cardboard, pendukung teknologi Virtual Reality (VR). Nah edisi SpesialTips! kali ini akan memberikan Tips Membuat Google Cardboard VR Headset.

Caranya cukup mudah,  tapi sebelumnya siapkan dahulu bahan-bahan yang diperlukan, tenang saja semua spesifikasi bahan telah dijelaskan pada halaman developers.google.com, berikut diantaranya bahan yang dibutuhkan:

Courtesy of developers.google.com

  • Kardus (baiknya yang sedikit tebal, guna menahan beban ponsel)
  • Lensa
  • Magnet
  • Perekat kain Velcro
  • Karet Gelang
  • NFC tag 


Lantas bagaimana membuatnya, sahabat SpesialTips! cukup mendowload pola dan spesifikasi Google Cardboard yang telah disediakan melalui halaman developers.google.com. Dan mengikuti semua langkah-langkah pembuatan melalui gambar yang telah disediakan pada situs tersebut. Untuk penjelasan selanjutnya, Google menyediakan aplikasi Cardboard di toko Google Play untuk mendemonstrasikan berbagai skenario yang dimungkinkan oleh headset VR buatan sendiri itu.

Courtesy of developers.google.com


Demikian Tips Membuat Google Cardboard VR Headset, semoga informasi dari SpesialTips! dapat menambah pengetahuan sahabat sekalian.

Tips Membuat Google Cardboard VR Headset

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Terimakasih Info nya gan. Bermanfaat sekali..
    Salam dai saya Syahril

    ReplyDelete
  2. makasih min tips nya, saya coba dulu nih lumayan bikin kreatif :D

    ReplyDelete
  3. kereen tinggal di download ajah , terus di susun

    ReplyDelete
  4. ehehhe bermanffaat bro infonya :D ijin baca'' dlu :D

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top