-->

Empat Cara Mudah Memperkuat Tulang Yang Bisa Dilakukan Sambil Berjalan Kaki

Advertisement
Empat Cara Mudah Memperkuat Tulang Yang Bisa Dilakukan Sambil Berjalan Kaki - Apa manfaat berjalan kaki? Mungkin banyak diantara kita, yang akan menjawab baik untuk kesehatan jantung atau pun sebagai cara untuk membakar kalori. Tak ada yang salah, namun tahukah Anda bahwa ternyata berjalan kaki juga dapat memberi manfaat yang besar bagi kesehatan tulang? Ya, berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan pada New England Journal of Medicine, disebutkan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi risiko patah tulang, khususnya tulang pinggul, hingga mencapai 30 persen penurunan risiko.
Empat Cara Mudah Memperkuat Tulang Yang Bisa Dilakukan Sambil Berjalan Kaki
Empat Cara Mudah Memperkuat Tulang
Sambil Berjalan Kaki
Membahas tentang manfaat berjalan kaki dan kesehatan tulang, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, sebenarnya terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan guna memperkuat tulang kita, uniknya lagi hal tersebut dapat dilakukan sambil berjalan kaki. Nah, bila Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan berjalan kaki secara rutin, maka tak ada salahnya untuk mencoba cara mudah memperkuat tulang berikut ini.

1. Melakukan jalan cepat
Pada sebuah hasil studi disebutkan bahwa, dari 60 ribu wanita yang telah memasuki masa menopause dan melakukan latihan jalan cepat secara rutin, memiliki risiko lebih rendah untuk menderita patah tulang pinggul, dibandingkan dengan melakukan latihan jalan santai. Cara melakukan latihan jalan cepat adalah dengan melakukan jalan dengan kecepatan normal terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit, setelah itu mulai lakukan jalan cepat dan lakukan selama dua menit. Jalan cepat juga merupakan alternatif cara, bagi Anda yang menghindari masalah cidera bila menggunakan latihan berat.

2. Melakukan latihan berjalan mundur dan menyamping
Disebutkan dalam publikasi jurnal ilmiah Osteoporosis International, melakukan latihan berjalan mundur atau menyamping dapat secara signifikan berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Cara yang direkomendasikan untuk melakukan latihan ini adalah melakukan latihan berjalan mundur dan menyamping, selama 30 detik untuk masing-masing latihan, dan lakukan cara tersebut secara berulang selama 3 hingga 5 menit saat Anda sedang berjalan kaki.

3. Melakukan latihan melompat
Bagi Anda para wanita, masalah pada tulang merupakan ancaman yang nyata, khususnya memasuki masa menopause, oleh sebab itu para ahli kesehatan tulang menyarankan untuk rutin melakukan latihan melompat sebanyak 20 kali saat berjalan kaki, dalam waktu 2 hari sekali. Bukan hanya asal melompat, lakukan lompatan dengan interval tiap 30 detik, setelah Anda berjalan kaki selama 5 menit. Lakukan lompatan dengan cara menekuk lutut dan mengayunkan kedua lengan ke belakang terlebih dahulu, kemudian lakukan lompatan dengan sedikit hentakan ke atas. Selanjutnya, ulangi latihan melompat tersebut, setelah kembali berjalan selama 10 menit.

4. Melakukan latihan berjalan naik turun tangga
Cara lain yang termasuk sebagai cara terbaik meningkatkan kepadatan tulang adalah dengan melakukan latihan berjalan naik turun tangga. Anda dapat melakukan latihan ini selama beberapa menit, dengan cara berjalan naik dan turun anak tangga, namun perlu diingat bahwa sebelum melakukan latihan ini lakukan terlebih dahulu pemanasan dengan berjalan kaki dalam jangka waktu 5 sampai 10 menit.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang beberapa cara yang dapat Anda pilih dan lakukan untuk menjaga dan memperkuat tulang, sambil berjalan kaki. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi para sahabat pembaca sekalian.
Advertisement
LihatTutupKomentar