Advertisement
Hasil Studi Ungkap Empat Jenis Kepribadian Pengguna Facebook, Anda Termasuk yang Mana? - Mengenali kepribadian seseorang dalam dunia psikologi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja analisis kepribadian berdasarkan bentuk wajah, tulisan tangan, warna favorit, sampai dengan cara berjabat tangan (bersalaman).
Hasil Studi Ungkap Empat Jenis Kepribadian Pengguna Facebook, Anda Termasuk yang Mana?
Hasil Studi Ungkap Empat Jenis Kepribadian Pengguna Facebook
Namun, dalam perkembangannya para ilmuwan saat ini tengah melirik media sosial khususnya Facebook, sebagai salah satu sarana untuk mengidentifikasi jenis kepribadian seseorang. Pasalnya, sebagai media sosial terbesar dengan pengguna aktif per bulannya mencapai hampir 2 miliar pengguna, Facebook disebut-sebut telah membawa perubahan pada pola interaksi sosial antar manusia, dan dengan alasan tersebut akhirnya mendorong para ilmuwan di seluruh dunia tertarik untuk mengeksplorasi perilaku penggunanya sebagai metode baru dalam pengenalan kepribadian manusia.


Membahas lebih lanjut tentang kepribadian pengguna Facebook, berdasarkan informasi yang dilansir dari Science Daily, dalam studi terbarunya beberapa pakar ilmu komunikasi dari Brigham Young University di Amerika Serikat berhasil merumuskan dan mengungkap secara umum empat jenis kepribadian pengguna Facebook. Apa saja keempat jenis kepribadian tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Empat Jenis Kepribadian Pengguna Facebook

1. Jenis Kepribadian Relationship Builders
Jenis kepribadian pengguna Facebook yang pertama adalah kepribadian relationship builders. Dijelaskan bahwa jenis kepribadian ini umumnya digambarkan pada pengguna Facebook yang menanggapi posting-an orang lain dan menggunakan fitur Facebook sebagai upaya memperkuat hubungan pertemanan di luar dunia maya. Sederhananya, jenis kepribadian relationship builders memanfaatkan Facebook sebagai sarana mempererat hubungan pengguna dengan orang lain di kehidupan nyatanya.

2. Jenis Kepribadian Town Criers
Jenis kepribadian pengguna Facebook selanjutnya adalah kepribadian town criers, dimana para ilmuwan menyebut jenis kepribadian ini termasuk pada mereka yang mengalami kesenjangan besar antara dunia nyata dan dunia maya. Dijelaskan lebih lanjut, pemilik kepribadian town criers di Facebook cenderung tidak terlalu peduli dengan aktifitas berbagi foto, status atau cerita tentang diri mereka sendiri. Uniknya, mereka lebih tertarik untuk berbagi informasi tentang hal apa saja yang tengah terjadi di dunia, seperti berita atau acara tertentu.

3. Jenis Kepribadian Selfies
Dijelaskan bahwa jenis kepribadian selfies merujuk kepada pengguna Facebook yang memanfaatkan layanan media sosial tersebut sebagai sarana untuk mempromosikan diri, seperti suka menjalin hubungan pertemanan, sering mem-posting hal-hal yang berhubungan erat mereka baik dalam bentuk gambar, video atau status. Berbeda dengan jenis kepribadian relationship builders, pemilik kepribadian selfies cenderung ingin mendapatkan perhatian dari pengguna lainnya, seperti mengharapkan lebih banyak like dan komentar.

4. Jenis Kepribadian Window Shoppers
Jenis kepribadian keempat adalah window shoppers. Disebutkan bahwa jenis kepribadian pengguna Facebook seperti ini ditujukan pada mereka yang jarang mem-posting informasi pribadi. Selain itu kepribadian window shoppers lebih cenderung memanfaatkan layanan media sosial Facebook hanya untuk sekadar melihat informasi yang di posting pengguna lain.


Nah, demikianlah informasi tentang keempat jenis kepribadian pengguna Facebook yang dikemukakan para ilmuwan di Brigham Young University dari hasil penelitian mereka. Pertanyaannya, Anda termasuk pemilik jenis kepribadian pengguna Facebook yang mana?

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top