Advertisement
Makin Mudah Mencari Arah Kiblat Dengan Layanan Google Qibla Finder, Begini Cara Menggunakannya - Salah satu syarat sahnya sholat adalah dilakukan dengan menghadap kiblat. Oleh sebab itu, mencari arah kiblat yang benar menjadi perkara yang sangat penting bagi semua umat muslim di dunia.
Makin Mudah Mencari Arah Kiblat Dengan Layanan Google Qibla Finder, Begini Cara Menggunakannya
Mencari Arah Kiblat Dengan Layanan Google Qibla Finder
Membahas tentang arah kiblat, maka salah satu cara termudah untuk bisa menentukan arah kiblat yang benar, adalah dengan menjadikan posisi arah kiblat di masjid sebagai patokan utama. Namun, bagaimana jadinya bila kita tengah melakukan perjalanan jauh, dan tak menjumpai masjid, sementara waktu telah masuk waktu sholat? Menghadapi keadaan seperti ini, tentunya akan sulit bagi kita untuk menentukan arah kiblat dengan benar. Nah, daripada menebak-nebak arah kiblat dan membuat keraguan dalam hati, kenapa tidak gunakan saja layanan terbaru Google yang bernama Qibla Finder.

Dikutip dari halaman resmi Google, disebutkan bahwa mulai kini umat muslim di seluruh dunia bisa dengan mudah mencari arah kiblat dengan menggunakan layanan Qibla Finder. Lantas, apa dan bagaimana cara kerja layanan Qibla Finder tersebut? Masih dari sumber yang sama, diketahui bahwa Qibla Finder adalah layanan aplikasi web berteknologi augmented reality (AR), yang berguna untuk memudahkan penggunanya mencari arah kiblat dengan berbekal kamera dan browser di smartphone dan juga melalui dekstop (komputer). 

Penasaran untuk menggunakan layanan unik dari Google tersebut? Berikut adalah penjelasan tentang cara menggunakan layanan Qibla Finder, baik melalui smartphone maupun desktop (komputer).


Cara Menggunakan Layanan Qibla Finder Melalui Smartphone
  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengakses terlebih dahulu tautan resmi layanan Qibla Finder melalui browser yang terpasang pada smartphone. Disarankan bagi sahabat sekalian untuk menggunakan browswer Google Chrome.
  • Sesaat setelah masuk pada tautan layanan Qibla Finder, maka Anda bisa terlebih dahulu mengatur bahasa yang ingin digunakan ke bahasa Indonesia agar lebih mudah menggunakan layanan tersebut.
  • Bila telah siap memulai layanan pencari arah kiblat bikinan Google tersebut, maka Anda bisa mulai menjalankannya dengan mengakses tombol "mulai".
  • Selanjutnya agar layanan Qibla Finder bisa memberikan hasil yang akurat, maka akan muncul notifkasi dari layanan tersebut untuk meminta ijin dari pengguna agar aplikasi bisa mengakses kamera smarthone dan informasi lokasi Anda.
  • Sesaat setelah itu, Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke arah kiri dengan terus memutar badan (melingkar) sampai posisi menunjukkan sejajar dengan garis biru yang mewakili arah kiblat.
  • Bila telah sejajar dan lurus dengan arah kiblat, maka secara otomatis Qibla Finder akan memberi pemberitahuan yang menjelaskan bahwa Anda sedang menghadap kiblat disertai dengan informasi jarak antara posisi Anda sekarang dan posisi kiblat.
Cara Menggunakan Layanan Qibla Finder Melalui Smartphone
Cara Menggunakan Layanan Qibla Finder Melalui Smartphone
Selain informasi di atas, hal penting yang perlu sahabat ketahui adalah memastikan arah kompas smartphone telah benar-benar sesuai menunjukkan keberadaan posisi Anda. Untuk itu disarankan bagi sahabat sekalian untuk terlebih dulu melakukan kalibrasi kompas di smartphone melalui layanan Google Maps.


Cara Menggunakan Layanan Qibla Finder Melalui Desktop (Komputer)
  • Tak jauh berbeda dengan langkah menggunakan layanan Qibla Finder melalui smartphone, maka hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengakses terlebih dahulu tautan resmi layanan Qibla Finder menggunakan browser di desktop.
  • Sesaat setelah masuk ke layanan tersebut, maka Anda bisa mulai mengetikkan alamat lokasi pada kolom pencarian di atas peta penunjuk arah kiblat.
  • Selanjutnya, secara otomatis layanan Qibla Finder akan menunjukkan garis biru di dalam peta yang menunjukkan arah kiblat dan informasi jarak antara lokasi Anda dan kiblat. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Cara Menggunakan Layanan Qibla Finder Melalui Desktop (Komputer)
Cara Menggunakan Layanan Qibla Finder Melalui Desktop (Komputer)
Demikianlah informasi dari SpesialTips! tentang cara mudah mencari dan menentukan arah kiblat dengan menggunakan layanan Google Qibla Finder. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top