Advertisement
Punya Masalah Bau Badan Atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya - Hidung manusia pada dasarnya bisa mencium berbagai macam bau yang berbeda, bahkan dari berbagai penelitian disebutkan bila kemampuan indera penciuman kita bisa mengenali lebih dari satu triliun bau yang berbeda.

Punya Masalah Bau Badan Atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya
Punya Masalah Bau Badan Atau Tidak?
Pertanyaannya, bila kemampuan indera penciuman kita begitu hebat, mengapa banyak orang dengan masalah bau badan justru seperti tidak sadar dengan masalah yang dialaminya? Apakah itu bisa menandakan orang tersebut mengalami gangguan dengan indera penciumannya? Menyikapi masalah ini, maka jangan cepat berpikiran negatif dulu, pasalnya ada penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi SpesialTips! dari berbagai sumber dan artikel berkaitan sebelumnya, diketahui bila kemampuan indera penciuman kita sebenarnya memiliki kepekaan tinggi untuk mengenali bau yang asing. Pada saat sinyal bau yang dikirimkan oleh reseptor diterima oleh otak, maka informasi akan diolah lebih cepat dan membuat kita lebih mudah mengenali bau, atau sederhananya indera penciuman dan otak lebih sensitif terhadap bau yang tidak biasa atau jarang dicium. 


Nah, kemampuan ini ternyata akan menurun ketika reseptor penerima bau serta otak menangkap sinyal bau yang sama secara berulang-ulang, misalnya saja bau badan kita sendiri, akibatnya reseptor penerima bau dan otak beradaptasi dengan sinyal bau tersebut, yang akhirnya membuat kepekaan terhadap bau tersebut berkurang, atau seakan-akan tak tercium lagi.

Melihat fakta di atas, tentu saja mengenali masalah bau badan sendiri akan menjadi perkara yang sulit. Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa bisa mengetahui apakah kita termasuk orang yang mempunyai masalah bau badan tak sedap? Bila Anda berpikir untuk mengenali bau badan sendiri dengan mendekatkan hidung ke arah badan, maka cara ini tak selamanya efektif karena tak sedikit orang yang tetap tak bisa menemukan keanehan dengan bau badannya.

Hal yang perlu dilakukan untuk mengenali bau badan kita sendiri adalah dengan mencium bau dari pakaian (baju) kita yang digunakan saat beraktfitas. Sebelum memeriksa bau pakaian, pilih bagian-bagian dari pakaian yang terkena keringat, pasalnya keringat biasanya akan membawa bakteri yang menjadi penyebab bau badan tak sedap. 

Selanjutnya, bila Anda mendapati bau tak sedap pada bagian baju yang terkena keringat tersebut, hampir bisa dipastikan Anda termasuk orang yang mempunyai masalah bau badan. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mencari tahu ada atau tidaknya masalah bau badan dengan bertanya kepada orang dipercaya, dan cara ini merupakan cara terbaik untuk memastikannya.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top