Advertisement
Ternyata Orang Lain Tidak Tertarik Mendengar Cerita Pengalaman Liburan Anda -Menceritakan pengalaman liburan kepada teman atau sahabat, seperti bercerita tentang sensasi mengunjungi tempat-tempat indah, mencicipi makanan khasnya, atau menunjukkan foto-foto seru Anda ketika berada di tempat liburan. Mungkin inilah hal yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang selepas melakukan perjalanan liburan ke tempat baru. 
Fakta Unik: Ternyata Orang Lain Tidak Tertarik Mendengar Cerita Pengalaman Liburan Anda
Orang Lain Tidak Tertarik Mendengar Cerita Pengalaman Liburan Anda
Namun, tahukah Anda bila ternyata hampir sebagian besar orang, memiliki keenderungan menjadi tidak antusias alis tidak tertarik untuk mendengar cerita tersebut. Belum percaya? Berdasarkan informasi yang dikutip dari Science of Us, fakta tersebut ditegaskan melalui hasil studi yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Psychological Science, dimana orang lain dan bahkan kita sendiri sebenarnya tidak suka mendengarkan cerita pengalaman baru seseorang. Uniknya, hal tersebut akan berbeda bila pengalaman yang diceritakan tersebut pernah dilakukan atau dialami oleh si pendengar.

Fakta unik ini, berhasil diungkap melalui hasil penelitian para ahli psikologi dari Harvard University dan University of Virginia dengan mengamati dan membandingkan reaksi beberapa peserta penelitian, ketika mendengarkan cerita dari peserta lainnya. Hasilnya, didapati peserta yang telah akrab dengan subyek cerita lebih menikmati cerita yang disampaikan, dibandingkan dengan cerita baru yang belum pernah diketahui oleh pendengar.

Dalam tulisan hasil penelitian tersebut dijelaskan bahwa keadaan ini terjadi karena keterbatasan manusia untuk dalam menyampaikan atau menceritakan informasi, sehingga orang lain akan sulit untuk mendapatkan gambaran sebenarnya dari informasi tersebut. Oleh sebab itu pula, orang lain lebih mudah menerima informasi yang lebih akrab atau dengan kata lain pernah dialami oleh si pendengar, karena keterbatasan penyampaian bisa ditutupi dengan pengetahuan mereka.

Dari fakta di atas, dapat kita ketahui bila kita dan orang lain cenderung tidak tertarik mendengarkan cerita pengalaman liburan seseorang, kecuali bila cerita pengalaman liburan tersebut juga pernah dialami (dilakukan) oleh si pendengar. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasakan hal yang sama dengan fakta unik di atas?


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga saja, sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top