Advertisement
Hasil Studi Terbaru Mengungkapkan Bagaimana Sebaiknya Para Orang Tua Memberikan Pujian Kepada Anak - Memberikan pujian atau memuji adalah hal paling lumrah dilakukan oleh semua orang tua kepada anak-anak mereka, bahkan terkadang hal ini dijadikan kebiasaan oleh sebagian orang tua. Alasannya, selain sebagai bentuk penghargaan untuk anak, memberikan pujian juga dianggap mampu menjadi solusi untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. 
Bagaimana Sebaiknya Memberikan Pujian Kepada Anak
Bagaimana Sebaiknya Memberikan Pujian Kepada Anak?
Namun, tahukah Anda bila kebiasaan memuji anak ternyata, juga bisa menimbulkan negatif bagi pribadi anak? Misalnya saja dapat membuat anak menjadi over pede, sampai dengan membuat mereka sulit untuk belajar menerima kegagalan. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk memberikan pujian kepada anak? 

Berkaitan dengan perkara memberikan pujian untuk anak, maka diketahui bahwa baru-baru ini para ilmuwan dari departemen psikologi di Yonsei University (Korea Selatan) melalui hasil studi yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Social Psychological and Personality Science,  berhasil mengungkap bagaimana sebaiknya orang tua memberikan pujian kepada anak mereka. 

Studi ilmiah yang dilakukan dengan menggunakan perbandingan data hasil survei kepada lebih dari 300 anak (tingkat sekolah dasar) serta orang tuanya, ilmuwan mendapati temuan yang cukup unik, yaitu efek terbaik memberikan pujian kepada anak adalah ketika orang tua memberikan pujian dalam ukuran yang sama (sebanding) dengan prestasi yang didapatkan oleh anak. Selain itu, keunikan juga didapati dari sudut pandang anak-anak, dimana penurunan nilai akademik dan kesehatan mental terajadi ketika upaya yang telah dilakukan oleh anak, tidak sebanding dengan dengan umpan balik (penghargaan) dari orang tua. 

Selanjutnya, diungkapkan pula oleh para ilmuwan bahwa pujian lebih dari sekadar reaksi, dimana hal tersebut sebaiknya dipahami sebagai suatu proses interaktif, dengan mempertimbangkan bahwa pujian bisa dirasakan, diterima dan ditanggapi oleh si anak (penerima).


Nah, dari penjelasan tentang hasil studi di atas, dapat kita ketahui bila pujian dari orang tua dapat memberi efek terbaik ketika diberikan sesuai (sebanding) dengan usaha serta pencapaian anak. Selain itu, konsep memberikan pujian perlu dipahami sebagai proses yang bersifat interaktif, dimana anak bisa memahami arti pujian yang diberikan.

Demikianlah informasi tentang hasil studi terbaru yang mengungkap bagaimana sebaiknya para orang tua memberikan pujian kepada anak. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top